Riani, Artha (2013) Persepsi Siswa tentang Keterampilan Belajar yang Sudah Dilatihkan oleh Guru BK di SMK/SMTI Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ARTHA_RIANI_11820_5238_2013.pdf [thumbnail of B1_5_ARTHA_RIANI_11820_5238_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ARTHA_RIANI_11820_5238_2013.pdf
Download (452kB)
Abstract
Idealnya setiap siswa menguasai keterampilan belajar yang sudahdilatihkan oleh guru BK di sekolah. Penguasaan keterampilan belajar sangatmenunjang dalam proses dan hasil belajar. Namun dalam kenyataan, masihditemukan siswa yang tidak menguasai keterampilan belajar, buktinya masihada siswa yang lambat mencatat, susah bertanya. Melihat gejala tersebut makatujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang, 1. Persepsi siswatentang materi keterampilan belajar yang sudah diberikan guru BK, 2.Persepsi siswa tentang manfaat dari pengaplikasian keterampilan belajar yangsudah dilatihkan oleh guru BKPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metodekuantitatif. Wilayah penelitian ini di SMK/SMTI Padang. Populasi penelitianini adalah siswa kelas XI berjumlah 120 orang siswa yang terdaftar padatahun ajaran 2012/2013 yang telah dilatih keterampilan belajar oleh guru BK.Teknik pengambilan sampel untuk per kelasnya menggunakan teknikProportional Random Sampling. Jenis data ordinal. Alat pengumpulan dataadalah angket.Hasil penelitian mengungkapkan siswa memiliki persepsi yang kurangbaik terhadap materi keterampilan belajar yang sudah diberikan guru BKdengan persentase sebesar 46,49 %. Sedangkan dari segi manfaatpengaplikasian keterampilan belajar yang sudah dilatihkan guru BK, hasilpenelitian mengungkapkan, siswa memiliki persepsi yang kurang baik denganpersentase sebesar 50,39 %. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi siswaberada dalam kategori yang kurang baik, oleh karena itu persepsi siswatersebut harus ditingkatkan agar kegiatan pemberian keterampilan belajarmembawa manfaat bagi siswa. Berdasarkan temuan penelitian ini, diharapkanguru BK dapat memperhatikan pemberian keterampilan belajar kepada siswa,dengan kriteria bermanfaat, aktual, menarik, jelas, serta mudah dipahami. Jikahal itu sudah terpenuhi, siswa akan mudah memahami materi dan menyadarimanfaat serta mengaplikasikan keterampilan belajar yang sudah dilatihkanoleh guru BK.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KETERAMPILAN BELAJAR, GURU BIMBINGAN DAN KONSELING |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 03:14 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 03:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13210 |