Analisis Usability Aplikasi Nagari Mobile Banking Menggunakan Metode USE Questionnaire.

Kasih, Arnanda (2020) Analisis Usability Aplikasi Nagari Mobile Banking Menggunakan Metode USE Questionnaire. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_ARNANDA_KASIH_1302890_1029_2020.pdf] Text
B1_5_ARNANDA_KASIH_1302890_1029_2020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Analisis usability pada suatu aplikasi membantu memberikan evaluasidalam pengembangan aplikasi. Saat ini banyak sekali bank yang menawarkanberagam layanan perbankan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasidan komunikasi. Salah satu layanan perbankan tersebut adalah layanan mobilebanking. Namun tidak sedikit dari mobile banking tersebut yang tidak dapatmemenuhi tujuan awal pembuatan aplikasi mobile banking sehingga seringkalimengecewakan penggunanya. Melalui analisis usability dapat membantumeningkatkan penggunaan aplikasi dari perspektif penggunanya. Analisis usabilitymampu memberi masukan bagi pengelola aplikasi tersebut untukmengembangkannya dengan lebih inovatif. Usability berarti tingkat suatu produkdapat memenuhi tujuan penggunaannya yang ditinjau dari segi kegunaannya,kemudahan menggunakannya, kemudahan untuk mempelajarinya dan kepuasanpenggunanya. Dimana dalam pendekatannya, penelitian ini menggunakan dasarteori Usability Lund, dimana terdapat empat syarat agar suatu sistem maupunaplikasi dapat dikatakan usable, yaitu Usefulness, Ease of Use, Ease of Learningdan Satisfaction.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknikpengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebar kepada 42 orang penggunaNagari Mobile Banking. Pengolahan data kuisioner menggunakan metode skalalikert dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22.Penelitian ini menemukan bahwa aplikasi Nagari Mobile Banking VariabelUsefulness, Ease of Use, Ease of Learning, dan Satisfaction secara bersama samaberkontribusi signifikan terhadap Usability Nagari Mobile Banking sebesar 51%..Variabel Usefulness memberikan kontribusi yang signifikan terhadap UsabilityNagari Mobile Banking sebesar 6,15% , variabel Ease of Use memberikankontribusi terhadap Usability Nagari Mobile Banking sebesar 24,3%, variabel Easeof Learning memberikan kontribusi terhadap Usability Nagari Mobile Bankingsebesar 5,52%, variabel Satisfaction memberikan kontribusi terhadap UsabilityNagari Mobile Banking sebesar 15,36%

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MOBILE BANKING, USE QUESTIONNAIRE
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 04 Jun 2025 03:10
Last Modified: 04 Jun 2025 03:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13200

Actions (login required)

View Item
View Item