Agustriani, Era (2018) Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Virtual Laboratory dalam Pembelajran Fisika pada Materi Momentu dan Gerak Harmonik Sederhana Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN2 Pariaman Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_ERA_AGUSTRIANI_1305760_517_2018.pdf [thumbnail of B1_05_ERA_AGUSTRIANI_1305760_517_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_ERA_AGUSTRIANI_1305760_517_2018.pdf
Download (380kB)
Abstract
Di negara yang berkembang, seorang guru harus berperan aktif dan kreatif dalam meningkatkan mutu pendidikan, salah satunya dengan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini membahas tentang penggunaan media virtual laboratory dalam pembelajaran fisika pada materi momentum dan gerak harmonik sederhana terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAN 2 Pariaman.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peningkatan proses dan hasil
pembelajaran keterampilan siswa menggunakan software tracker pada materi momentum dan gerak harmonik sederhana kelas X SMAN2 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah (pre-experimental desing) dimana dalam penelitian ini
masih terdapat variabel luar yang mempengaruhi terhadap terbentuknya variabel dependen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Pariaman, yang berjumlah
30 orang. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap yang terdiri dari tahap perencanaan,pelaksanaan, dan penyelesaian. Data yang dikumpulkan ada 2, yaitu data non-test dan data test. Data non-test didapatkan dari hasil observasi dan rubrik penilaian, sedangkan data test berupa posttest yang diberikan pada siswa. Data dianalisis menggunakan uji regresi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat diungkapkan beberapa hal berikut, pertama, penggunaan media software tracker dalam proses pembelajaran dapat menambah motivasi siswa dalam belajar fisika. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa selama belajar fisika menggunakan software tracker.Kedua pembelajaran menggunakan software ini dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam belajar fisika secara mandiri. Dibuktikan dengan pengaruh yang didapatkan sebesar
25.7% searah, dan signifikan untuk kompetensi pengetahuan dan 11.5% searah untuk kompetensi keterampilan. Setelah dilakukan analisis data dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh penggunaan media berbasis virtual laboratory dalam pembelajaran fisika pada materi momentum dan gerak harmonik sederhana terhadap hasil belajar siswa
kelas X SMAN 2 Pariaman pada kompetensi pengutahuan dan kompetensi sikap.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 02:13 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 02:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13197 |