Ningsih, Endang (2018) Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Melalui Bimbingan Kelompok Belajar dalam Mengurangi Perilaku Menyontek Siswa Saat Ujian: Studi Eksperimen terhadap Siswa SMPN 6 X Koto Singkarak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_ENDANG_NINGSIH_1300317_1845_2018.pdf [thumbnail of B1_05_ENDANG_NINGSIH_1300317_1845_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_ENDANG_NINGSIH_1300317_1845_2018.pdf
Download (629kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya isu siswa yang menyontek disaat ujian karena tidak menguasi materi ujian atau tidak memahami makna ujian yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas layanan penguasaan
konten menggunakan bimbingan kelompok belajar dalam mengurangi perilaku menyontek siswa saat ujian.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasy-Experiment jenis The Non Equivalent Control Group. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII 1 dan VIII 2 SMPN 6 X Koto Singkarak. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dianalisis dengan teknik uji beda (t-test).
Hasil penelitian menunjukan layanan penguasaan konten menggunakan bimbingan kelompok belajar dapat mengurangi perilaku menyontek siswa saat ujian dan lebih efektif digunakan dibandingkan dengan layanan penguasaan
konten tanpa bimbingan kelompok belajar. Guru BK diharapkan dapat mengurangi perilaku menyontek siswa saat ujian menggunakan layanan penguasaan konten melalui bimbingan kelompok belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 02:13 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 02:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13196 |