Penerapan Model Pembelajaran Pendekatan Saintifik Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 1 Bukittinggi

Erianis, Enda (2018) Penerapan Model Pembelajaran Pendekatan Saintifik Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_ENDA_ERIANIS_14065040_3274_2018.pdf] Text
B1_05_ENDA_ERIANIS_14065040_3274_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 1 Bukittinggi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar
siswa menggunakan model pembelajaran Pendekatan Saintifik Problem Based Learning (PBL) dan Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran
Dasar Listrik Dan Elektronika di SMK Negeri 1 Bukittinggi
Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, sebagai kelas eksperimen 1 adalah X TE 3A menggunakan model pembelajaran Team Assisted
Individualization (TAI) dan kelas eksperimen 2 adalah X TE 3B menggunakan model pembelajaranProblem Based Learning (PBL).Teknik pengumpulan datadari nilai akhir hasil belajar, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji
normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian kelaseksperimen 1 mendapatkan nilai ratarata
84,35,sedangkan kelas eksperimen2 mendapatkan nilai
rata-rata 81,06.Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan dengan uji dua belah pihak, dimanat > t(�2; �1 + �2 − 2)atau t > -t(�2; �1 + �2 − 2)dimana,2,193 > 2,037 atau 2,193 > -2,037, maka berdasarkan kriteria pengujian hipotesis tersebut, didapatkan hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha)iterima.Dengan demikian, hipotesis diterima dimana terdapat perbedaan hasil
belajar siswa menggunakan model pembelajaran Pendekatan Saintifik Problem Based Learning (PBL) dan Team Assisted Individualization (TAI) pada mata pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika di SMK Negeri 1 Bukittinggi

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 04 Jun 2025 01:32
Last Modified: 04 Jun 2025 01:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13195

Actions (login required)

View Item
View Item