Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dan Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel dan Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Kinali.

Anita, Enda (2018) Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dan Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel dan Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Kinali. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_ENDA_ANITA_1302380_577_2018.pdf] Text
B1_05_ENDA_ANITA_1302380_577_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Teknik Kerja Bengkel dan Gambar Teknik di SMK Negeri 1 Kinali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perbandingan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran
Student Team Achievement Division (STAD) dan Team Assisted Individualization (TAI) di mata pelajaran Teknik Kerja Bengkel dan Gambar Teknik kelas X SMK Negeri 1 Kinali.
Jenis penelitian ini bersifat penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dengan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, sebagai kelas eksperimen I adalah X TAV 1 menggunakan model pembelajaran Student Team
Achievement Division (STAD) dan kelas eksperimen II adalah X TAV 2 menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Teknik pengumpulan data dari nilai akhir hasil belajar, kemudian dianalisis untuk uji
normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis.
Dari hasil penelitian kelas eksperimen I didapatkan nilai rata-rata 81,03, sedangkan kelas eksperimen II mendapatkan nilai rata-rata 77,80. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan thitung yaitu
3,33>2,002, karena t hitung besar dari ttabel
maka hipotesis Nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H
a) diterima. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata,
penelitian ini memperlihatkan bahwa, Terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik
Kerja Bengkel dan Gambar Teknik Kelas X di SMK Negeri 1 Kinali. Maka model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI).

>t
tabel

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 04 Jun 2025 01:32
Last Modified: 04 Jun 2025 01:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13194

Actions (login required)

View Item
View Item