Rivani, Mega (2013) elaksanaan Pembelajaran Program Keaksaraan Fungsional oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_MEGA_RIVANI_04143_585_2013.pdf [thumbnail of B1_4_MEGA_RIVANI_04143_585_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_MEGA_RIVANI_04143_585_2013.pdf
Download (742kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari tingginya tingkat kehadiran warga belajar untuk mengikuti kegiatan pembelajaran, warga belajar selalu hadir dalam mengikuti proses pembelajaran dan warga belajar juga memiliki kemampuan yang membanggakan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang Pelaksanaan Pembelajaran Program Keaksaraan Fungsional oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Binaan Dinas Pendidikan Bidang Pendidikan Luar Sekolah dan Kesiswaan Kota Padang yang meliputi komponen (1) Materi belajar (2) Sumber belajar (3) Metode belajar (4) Sarana dan prasarana (5) Evaluasi belajar.
Penelitian ini termasuk penelitian deskripsi kuantitatif. Jenis data adalah data tentang pelaksanaan pembelajaran program keaksaraan fungsional dengan jumlah warga belajar 33 orang. Alat pengumpulan datanyang digunakan adalah wawancara terstuktur. Untuk mengolah data digunakan rumus persentase.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa (1) warga belajar berpendapat materi belajar yang diberikan sudah baik, (2) sumber belajar sudah melaksanakan tugasnya dengan baik, (3) metode belajar yang digunakan sudah baik sesuai dengan yang telah ditetapkan, (4) sarana dan prasarana yang disediakan sudah lengkap dan sudah sesuai dengan kebutuhan warga belajar, (5) evaluasi yang diberikan oleh tutor kepada warga belajar juga sudah berjalan dengan baik. Untuk itu penulis menyampaikan saran diantaranya : kepada penyelenggara dan tutor agar lebih meningkatkan lagi materi belajar, meningkatkan lagi kualitas sumber belajar, selalu menyesuaikan metode belajar dengan kebutuhan warga belajar, selalu menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dan lengkap, serta selalu melaksanakan evaluasi belajar kepada warga belajar agar warga belajar dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kualitas hidupnya melalui pendidikan yang diterimanya pada program keaksaraan fungsional yang dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 10:23 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 10:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13184 |