Hubungan Persepsi Siswa tentang Lingkungan Sekolah dengan Kejenuhan (Burnout) Belajar di SMA Negeri 4 Padang

Naldi, Elsa Multrina (2018) Hubungan Persepsi Siswa tentang Lingkungan Sekolah dengan Kejenuhan (Burnout) Belajar di SMA Negeri 4 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_ELSA_MULTRINA_NALDI_1300401_2018.pdf] Text
B1_05_ELSA_MULTRINA_NALDI_1300401_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kejenuhan (burnout) belajar adalah kondisi seseorang yang mengalami kelelahan fisik, kelelahan kognitif, dan kehilangan motivasi pada saat melakukan aktivitas belajar. Siswa yang tidak memiliki kejenuhan (burnout) dalam belajar
akan fokus pada pelajaran yang sedang dijelaskan guru, tidak keluar masuk kelas,tidak mengobrol saat pelajaran berlangsung, mengerjakan tugas sekolah dan tidak
bermain selama pelajaran berlangsung. Namun kenyataan yang ditemukan di lapangan yaitu masih ada siswa memiliki kejenuhan (burnout) belajar yang tinggi.Salah satu faktor yang mempengaruhi kejenuhan (burnout) belajar adalah
lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan persepsi siswa tentang lingkungan sekolah,(2) mendeskripsikan kejenuhan (burnout)
belajar, dan (3) menguji hubungan persepsi siswa tentang lingkungan sekolah dengan kejenuhan (burnout) belajar.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Populasi 601 siswa SMA Negeri 4 Padang dan sampel 240 siswa dipilih dengan stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS for windows 20.00.
Temuan penelitian mengungkapkan bahwa: (1) persepsi siswa tentang lingkungan sekolah berada pada kategori baik; (2) kejenuhan (burnout) belajar siswa berada pada kategori rendah; (3) dan terdapat hubungan negatif yang
signifikan antara persepsi siswa tentang lingkungan sekolah dengan kejenuhan (burnout) belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:26
Last Modified: 03 Jun 2025 08:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13174

Actions (login required)

View Item
View Item