Asrul, Asrul and Masril, Masril and Syafriani, Syafriani (2016) Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terintegrasi Materi Tsunami Terhadap Kompetensi Fisika dalam Pembelajaran Reasoning and Problem Solving pada Materi Getaran Harmonik, Impuls, dan Momentum di Kelas XI SMAN 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_ELSA_LISTIA_1201393_1756_2016.pdf [thumbnail of B1_05_ELSA_LISTIA_1201393_1756_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_ELSA_LISTIA_1201393_1756_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh kurangnya motivasi dan rendahnya kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah dapat ditingkatkan melalui pembelajaran berbasis masalah. Salah satunya Reasoning and Problem Solving. Motivasi peserta didik dapat
ditingkatkan melalui pemberian masalah seperti tsunami. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menyelidiki pengaruh LKPD terintegrasi materi tsunami terhadapkompetensi fisika peserta didik 2) menyelidiki kontribusi LKPD terintegrasi
materi tsunami terhadap kompetensi fisika peserta didik 3) menyelidiki pengaruh model pembelaja pengetahuan peserta didik. Jenis penelitian adalah Quasi Eksperiment dengan rancangan randomized control group only design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas
XI MIA yang terdaftar pada semester ganjil TA 2015/2016. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan data nilai hasil belajar kompetensi sikap, pengetahuan, keterampilan serta nilai LKPD terintegrasi materi tsunami.
Instrumen penelitian adalah tes akhir untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman untuk mengukur kompetensi sikap, lembar penilaian unjuk kerja untuk kompetensi keterampilan, dan lembar penilaian LKPD. Data penelitian dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-rata dan uji regresi serta korelasi.
Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol untuk setiap kompetensi. Berdasarkan uji kesamaan dua rata-rata terhadap hasil belajar sikap, pengetahuan dan
keterampilan dengan menggunakan uji t, diperoleh t
hitung berada diluar daerah penerimaan Ho.
Hasil uji regresi dan korelasi menunjukkan kontribusi yang kuat LKPD terintegrasi materi tsunami yaitu sebesar 48,89% untuk kompetensi sikap,getahuan, dan 56,88% untuk kompetensi
keterampilan. Rata-rata hasil belajar kompetensi pengetahuan sebelum dan sesudah menggunakan Reasoning and Problem Solving menunjukkan peningkatan. Melalui uji kesamaan dua rata-rata diperoleh hasil bahwa t
hitung berada diluar daerah penerimaan Ho. Kesimpulan penelitian adalah: hipotesis yang menyatakan: 1) Terdapat pengaruh LKPD terintegrasi materi tsunami terhadap kompetensi fisika pada taraf nyata 0,05 diterima 2) Besar kontribusi LKPD Terintegrasi materi tsunami terhadap kompetensi fisika adalah kuat. 3)Terdapat pengaruh model pembelajaran Reasoning and Problem Solving pada
kompatensi pengetahuan fisika pada taraf nyata 0,05 diterima.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 08:25 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 08:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13172 |