Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Datar Melalui Media Papan Flanel bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas V Di SLB Karya Padang (Single Subjeck Research)

Sari, Anggi Purnama (2016) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bangun Datar Melalui Media Papan Flanel bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas V Di SLB Karya Padang (Single Subjeck Research). Diploma/Proyek Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ANGGI_PURNAMA_SARI_1100231_735_2016.pdf] Text
B1_2_ANGGI_PURNAMA_SARI_1100231_735_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan di lapangan, yaitu seorang anak tunagrahita ringan kelas V yang mengalami hambatan dalam mengenal bangun datar (lingkaran, segitiga, persegi panjang dan persegi). Dari hasil asesmen, anak mengalami hambatan ketika mengelompokkan, mengurutkan bangun datar dari yang terbesar ke yang terkecil, membedakan dan menyebutkan nama bangun datar. Maka dari itu peneliti berupaya membantu untuk meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar melalui media papan flanel.
Jenis penelitian ini adalah Single Subjeck Research dengan disain A-B. Teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Subjek penelitiannya adalah anak tunagrahita ringan kelas V. Pengukuran variabelnya menggunakan persentase.
Pengamatan dilakukan sebanyak 16 Kali pengamatan, yaitu enam kali pada kondisi (A), dan sepuluh kali pada kondisi (B). Pada kondisi (A) data yang diperoleh adalah 18%, 18%, 18%, 18%, 18%, 18%. Berdasarkan data tersebut anak dapat dikatakan masih mengalami hambatan dalam mengenal bangun datar, baik itu mengelompokkan, mengurutkan, membedakan, mengidentifikasi dan menyebutkan nama bangun datar. Sedangkan pada kondisi intervensi (B) data yang diperoleh adalah (22,7%), (36,3%), (54,5%), (63,6%), (70,5%), (81,9%), (91,9%),( 95,4%), (95,4%), (95,4%), dengan demikian kemampuan anak dalam mengenal bangun datar dengan menggunakan media papan flanel menunjukkan peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar bagi anak tunagrahita ringan kelas V di SLB Karya Padang. Penulis berharap agar guru dan sekolah dapat mempertimbangkan penggunaan media papan flanel dalam pembelajaran mengenal bangun datar, khususnya bagi anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Diploma/Proyek Akhir)
Uncontrolled Keywords: MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BANGUN DATAR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:25
Last Modified: 03 Jun 2025 08:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13170

Actions (login required)

View Item
View Item