Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Sub Bidang Studi Seni Rupa Peserta didik Kelas VII SMP N 1 Lubuk Alung

Fitri, Elsa (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Seni Budaya Sub Bidang Studi Seni Rupa Peserta didik Kelas VII SMP N 1 Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_ELSA_FITRI_15776_5339_2017.pdf] Text
B1_05_ELSA_FITRI_15776_5339_2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Agar pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan tujuan, maka semua komponem yang terlibat dalam pembelajaran dapat mengupayakan berbagai hal untuk meningkatkan hasil belajar yang optimal. dalam proses pembelajaran seorang guru diharapkan mampu menggunakan model pembelajaran yang
menarik sehingga dapat merangsang siswa untuk belajar secara aktif. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan di atas penulis ingin mengetahui sejauh mana model pembelajaran CTL untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi
seni rupa dalam pembelajaran seni budaya, dengan judul penelitian: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Contectual Teaching and Learning Terhadap
Hasil Belajar Seni Budaya Sub Bidang Studi Seni Rupa Pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Lubuk Alung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental, populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1Lubuk Alung. sampel pada penelitian ini adalah kelas VII.1 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang peserta didik dan kelas VII.2 kelas yang berjumlah 29 orang siswa sebagai kelas eksperimen. teknik sampel yang digunakan pada
penelitian ini random sampling. kedua kelas tersebut akan langsung menjadi objek dalam penelitian. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang diperoleh t tabel 1,699 dan t
hitung sebesar 3,579. dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara yang diberikan pembelajaran model CTL dengan menggunakan model dan konvensional t hitung 3,579 > ttabel
1,699 dapat disimpulkan bahwa hasi belajar siswa yang menggunakan model CTL berbeda secara signifian dengan pembelajaran yang tidak memakai model CTL.
Berdasarkan hasil hipotesis menjelaskan bahwa penggunaan model CTL berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik SMP Negeri 1 Lubuk Alung pada pembelajaran seni rupa.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CTL
sangat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Peneliti menyarankan bagi peserta didik, sekolah terutama guru mata pelajaran untuk mencoba menggunakan model CTL d alam proses pembelajaran. Agar pembelajaran menggunakan model CTL berjalan dengan baik sebaliknya guru terlebih dahulu menguasai cara-cara penerapan model CTL.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:25
Last Modified: 03 Jun 2025 08:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13168

Actions (login required)

View Item
View Item