Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran GALPERIN Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas XI IPS di SMA N 1 Sungayang

Febrianto., Anggi (2013) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran GALPERIN Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas XI IPS di SMA N 1 Sungayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ANGGI_FEBRIANTO_05496_1241_2013.pdf] Text
B1_2_ANGGI_FEBRIANTO_05496_1241_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya pemahaman siswa kelas XI
IPS SMA N 1 Sungayang tentang prinsip dalam materi pembelajaran sejarah, hal ini
disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah proses pembelajaran sejarah
yang masih berupa penyampaian informasi sehingga menjadikan siswa hanya
mampu mengingat, padahal salah satu tujuan dari proses pembelajaran sejarah
adalah melatih siswa dalam menjelaskan prinsip dalam materi sejarah. Salah satu
upaya untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menjelaskan prinsip
sejarah adalah melalui model pembelajaran GALPERIN. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran GALPERIN
terhadap hasil belajar sejarah berupa pemahaman prinsip Kelas XI IPS SMAN 1
Sungayang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian
pretest-Posttest Control Group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
kelas XI IPS yang berjumlah 99 orang. Sampel dalam penelian ini menggunakan
teknik claster random sampling. dengan asumsi bahwa setiap kelompok memiliki
kemampuan dan kebiasaan belajar sejarah yang sama. Pengambilan sampel
dilakukan sebanyak dua kelas yaitu untuk kelas eksperimen dan untuk kelas control,
untuk menentukan kelas eksperimen dan kontrol berdasarkan cabut lot. Teknik
analisis data penelitian adalah uji hipotesis melalui uji t pada taraf nyata 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran GALPERIN lebih
baik digunakan untuk menjelaskan prinsip sejarah dibandingkan metode ceramah,
hal ini terlihat dari analisis tentang pola perkembangan prinsip berdiri, prinsip
berkembang dan prinsip mundur model GALPERIN lebih baik dari metode
ceramah.
Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
GALPERIN lebih bagus dari metode ceramah dalam menjelaskan prinsip.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GALPERIN
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:25
Last Modified: 03 Jun 2025 08:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13167

Actions (login required)

View Item
View Item