Sikap Toleransi Siswa Umum Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif SD Yari School Padang

Intania, Intania (2021) Sikap Toleransi Siswa Umum Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif SD Yari School Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_INTANIA_17003010_3707_2021.pdf] Text
B1_2_INTANIA_17003010_3707_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sistem penyelenggara pendidikan inklusif selain membawa dampak positif,
juga membawa dampak negatif, yaitu dapat terjadinya sikap intoleransi karena
sebelumnya siswa atau warga sekolah tidak terbiasa menerima perbedaan
karakteristik dalam lingkungan yang sama. Namun SD Yari School memiliki
metode atau cara dalam menanamkan sikap toleransi kepada siswanya. Maka, Pada
penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan pengkajian tentang sikap toleransi
siswa umum terhadap siswa berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara
pendidikan inklusi. Melalui lingkungan yang beragam inilah, peran sekolah dan
guru sangat dibutuhkan untuk membentuk sikap warga sekolah terutama siswa
umum terhadap penerimaan kepada siswa berkebutuhan khusus agar saling
menghargai diantara keberagaman yang ada.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menekankan pada
penjabaran secara naratif menggunakan kata-kata melalui fenomena dan kejadian
yang terjadi secara alamiah dan apa adanya. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan
menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang
kemudian analisis data dilakukan dengan cara merangkum, menyajikan, dan
menarik kesimpulannya.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti mendapatkan bahwa sikap
toleransi siswa umum terhadap siswa berkebutuhan khusus di SD Yari School
Padang terbentuk sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan pendidikan inklusi
yang harus ada dalam pemahaman siswa melalui penyampaian yang menarik.
Sehingga sikap toleransi yang terbentuk untuk saling menghargai, menghormati
daan saling melengkapi dalam kepedulian.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:24
Last Modified: 03 Jun 2025 08:24
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13156

Actions (login required)

View Item
View Item