Bagaimana Sejarah Seharusnya Diajarkan? (Sebuah Kajian Pemikiran Pembelajaran Sejarah)

Basri, Iqrima (2020) Bagaimana Sejarah Seharusnya Diajarkan? (Sebuah Kajian Pemikiran Pembelajaran Sejarah). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_IQRIMA_BASRI_16046014_3961_2021.pdf] Text
B1_2_IQRIMA_BASRI_16046014_3961_2021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin kompleksnya permasalahan
pembelajaran sejarah yang tak kunjung menemukan cara tepat untuk
menyelesaikannya. Salah satunya adalah permasalahan mengenai kemampuan
berpikir historis atau yang umumnya dikenal dengan historical thinking yang masih
sangat rendah. Penelitian ini menjadi sangat penting karena historical thinking
merupakan basic yang harus ada dalam pembelajaran sejarah. Disamping itu belum
adanya model pembelajaran yang khusus diperuntukan bagi pembelajaran sejarah
juga
menjadi
alasan
utama
yang
melatarbelakangi
penelitian
ini.
Permasalahan-permasalahan tersebut mengindikasikan bahwa pembelajaran sejarah
belum menemukan cara yang tepat untuk membelajarkan sejarah kepada peserta didik.
Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan cara yang tepat untuk
mengajarkan sejarah kepada peserta didik baik di jenjang sekolah menengah, maupun
perguruan tinggi. Kemudian, penelitian ini juga bertujuan untuk mengembangkan
sebuah model pembelajaran yang berlandaskan kepada karakteristik sejarah itu sendiri,
yakni model historical thinking sebagai solusi dari permasalahan rendahnya
kemampuan berpikir sejarah peserta didik.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and
Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas
lima tahapan, diantaranya; Analisys, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation. Penelitian ini hanya menggunakan tiga dari lima tahapan tersebut, yaitu
Analisys, Design dan Development. pengembangan model pembelajaran sejarah
berlandaskan konstruk berpikir sejarah atau historical thinking pada penelitian ini
hanya sampai pada tahap uji validasi oleh validator ahli dan kemudian dilakukan
revisi sesuai dengan masukan validator.
Data penelitian ini berupa data primer yang diperoleh dari isian angket validitas.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data
kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan tingkat
validitas model historical thinking berdasarkan validasi ahli model pembelajaran
yakni, 95% dan validitas ahli historical thinking yakni,95%, keduanya dikategorikan
sangat valid. Dari hasil Penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa pengembangan
model historical thinking sangat layak digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:23
Last Modified: 03 Jun 2025 08:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13154

Actions (login required)

View Item
View Item