Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia pada Konsep Mekanika di Kelas X SMA N 2 Padang

Rusfa, Febrianda (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia pada Konsep Mekanika di Kelas X SMA N 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FEBRIANDA_RUSFA_77526_5831_2014.pdf] Text
B1_5_FEBRIANDA_RUSFA_77526_5831_2014.pdf

Download (5MB)

Abstract

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga mendorong terjadinya proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran berbasis komputer diharapkan dapat memvisualisasikan hal-hal abstrak dalam fisika sehingga dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran interaktif menggunakan Macromedia flash 8 proffesional. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sumber belajar berupa media pembelajaran interaktif menggunakan Macromedia flash 8 proffesional pada konsep mekanika yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D). Objek penelitiannya adalah media pembelajaran interaktif menggunakan Macromedia flash 8 proffesional. Instrument pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembar validasi tenaga ahli dan lembar kepraktisan untuk guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dari hasil analisis terhadap lembar validasi tenaga ahli didapatkan nilai validitas 87,47, sedangkan nilai praktikalitas dari siswa mendapatkan nilai 80,1. Menurut teori teknik analisis data menggunakan metoda grafik, nilai validitas dan praktikalitas media pembelajaran berada pada kriteria baik sekali.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Multimedia, Konsep Mekanika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:23
Last Modified: 03 Jun 2025 08:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13146

Actions (login required)

View Item
View Item