Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Gunung Talang

Syafitri, Irani Dian (2016) Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Gunung Talang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_IRANI_DIAN_SYAFITRI_55229_1127_2016.pdf] Text
B1_2_IRANI_DIAN_SYAFITRI_55229_1127_2016.pdf

Download (7MB)

Abstract

Perpustakaan merupakan lembaga yang menyediakan sarana bagi orang
untuk memanfaatkan koleksi pustaka tersebut. Perpustakaan dikelola oleh petugas
perpustakaan yang melaksanakan kegiatan perpustakaan dengan jalan
memberikan pelayanan kepada siswa sesuai dengan tugas lembaga induknya
berdasarkan ilmu perpustakaan, dokumentasi dan informasi yang dimilikinya
melalui pendidikan. Perpustakaan merupakan suatu wadah dimana siswa dapat
menambah ilmu pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh
gambaran tentang pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar pada mata
pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Gunung Talang. Perpustakaan merupakan
salah satu komponen yang saling terkait dengan komponen lainnya untuk
mencapai suatu tujuan pembelajaran. Bahan-bahan yang terdapat dalam
perpustakaan, perlu ditingkatkan pendayagunaannya, agar kegiatan belajar dapat
berjalan dengan lancar dan menghasilkan mutu yang diharapkan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana data dikumpulkan
untuk melihat dan memahami kenyataan yang ada dilapangan, lokasi penelitian
yaitu di SMA Negeri 1 Gunung Talang. Data diambil dari hasil wawancara 4
orang guru sejarah, wawancara dengan 12 orang siswa yang belajar di SMA
Negeri 1 Gunung Talang, wawancara dengan petugas perpustakaan dan
wawancara dengan Kepala Sekolah dan Wakil kepala Sekolah . Medapatkan data
penelitian ini melalui cara observasi, studi dokumentasi dan wawancara.
Keabsahan data atau keakuratan data dalam penelitian ini diuji dengan
menggunakan teknik triagulasi data. Kemudian data yang terkumpul dianalisis
dengan interaktif, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMA Negeri 1 Gunung Talang
perpustakaan digunakan sebagai sumber belajar dan perpustakaan telah
dimanfaatkan oleh siswa dan guru sebagai sumber belajar. Hal yang ada di
perpustakaan seperti buku sejarah, majalah, koran, peta sejarah, dan miniatur telah
dimanfaatkan secara baik oleh siswa maupun guru sebagai sumber belajar.
Perpustakaan dimanfaatkan oleh siswa sebagai tempat belajar dan juga sebagai
tempat hiburan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perpustakaan
sudah digunakan dengan baik sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sejarah
di SMA Negeri 1 Gunung Talang, dan sudah bisa dikatakan dapat menunjang
proses pembelajaran sejarah dalam meningkatkan pengetahuan siswa terhadap
materi-materi sejarah.
i

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:23
Last Modified: 03 Jun 2025 08:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13145

Actions (login required)

View Item
View Item