Melita, Febria (2014) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining dengan Metode Konvensional pada Mata Pelajaran RLE Di SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_FEBRIA_MELITA_13732_6089_2014.pdf [thumbnail of B1_5_FEBRIA_MELITA_13732_6089_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_FEBRIA_MELITA_13732_6089_2014.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Rangkaian Listrik dan Elektronika (RLE) masih rendah. Mengatasi rendahnya ketuntasan belajar siswa, perlu metode belajar yang mampu melibatkan siswa untuk memahami materi dengan baik agar hasil belajar RLE meningkat. Metode pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) dapat diterapkan agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan memahami materi serta bertanggung jawab terhadap diri sendiri juga kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar siswa terhadap penggunaan metode Kooperatif Tipe SFAE dengan metode konvensional Pada Mata Pelajaran RLE pada siswa kelas X Ketenagalistrikan di SMKN 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan subjek penelitian kelas X SMKN 1 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari kelas TITL dan kelas TDTL. Dari kedua kelas ini dipilih secara acak, kelas TITL sebagai kelas eksperimen dan kelas X TDTL sebagai kelas kontrol. Untuk melihat kemampuan awal siswa dilakukan analisis nilai rata-rata ujian mid semester genap. Penentuan kelas secara acak dilakukan karena rata-rata hasil belajar siswa tidak berbeda secara signifikan. Hasil penelitian terlihat dari hasil belajar siswa yang menggunakan metode kooperatif tipe SFAE memliki rata-rata 83,786 dan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional memiliki rata-rata 79,143. Nilai hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode kooperatif tipe SFAE dengan metode konvensional pada mata pelajaran RLE di SMK Negeri 1 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Belajar, Student Facilitator And Explaining, Metode Konvensional, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 08:22 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 08:22 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13139 |