Masalah-Masalah yang Dialami Siswa dalam Praktik Kerja Industri dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling (Studi Deskriptif terhadap Siswa SMK Negeri 5 Padang)

Yeni, Febri (2014) Masalah-Masalah yang Dialami Siswa dalam Praktik Kerja Industri dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling (Studi Deskriptif terhadap Siswa SMK Negeri 5 Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FEBRI_YENI_11825_2082_2014.pdf] Text
B1_5_FEBRI_YENI_11825_2082_2014.pdf

Download (372kB)

Abstract

Praktik kerja industri merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan profesional siswa. Kenyataan di lapangan masih ada siswa yang sulit beradaptasi di lingkungan praktik kerja industri, kurang mampu berkomunikasi dan terlambat datang ke tempat praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan intensitas masalah-masalah yang dialami siswa dalam melaksanakan praktik berkaitan dengan diri pribadi, sosial, belajar dan karir/pekerjaan serta implikasinya terhadap layanan Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu mendeskripsikan secara sistematika, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta tentang intensitas masalahmasalah yang dialami siswa dalam praktik kerja industri di SMK Negeri 5 Padang. Populasi penelitian ini berjumlah 129 siswa dan sampel berjumlah 56 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan rumus persentase. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa masalah-masalah pribadi yang dialami siswa dalam praktik kerja industri berada pada kategori cukup bermasalah/intensitas sedang, masalah-masalah sosial yang dialami siswa dalam praktik kerja industri berada pada kategori cukup bermasalah/intensitas sedang, masalah-masalah belajar yang dialami siswa dalam praktik kerja industri berada pada kategori cukup bermasalah/intensitas sedang, dan masalah-masalah karir/pekerjaan yang dialami siswa dalam praktik kerja industri berada pada kategori bermasalah/intensitas tinggi. Dari hasil penelitian yang diperoleh, disarankan kepada siswa agar lebih mempersiapkan diri baik fisik dan psikis dalam menjalankan praktik kerja industri. Bagi guru BK, agar dapat berkoordinasi dengan guru mata pelajaran dalam menyusun dan menyelenggarakan program mengenai masalah-masalah yang dialami siswa dalam praktik kerja industri. Bagi guru mata pelajaran, agar dapat memperhatikan kebutuhan siswa di dunia kerja. Bagi kepala sekolah, agar dapat mengambil kebijakan dalam mengatasi masalah-masalah yang dialami siswa dalam melaksanakan praktik kerja industri.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Praktik Kerja Industri, Masalah Kerja
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:22
Last Modified: 03 Jun 2025 08:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13138

Actions (login required)

View Item
View Item