Putra, Rivaldi Hassyari (2018) Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Grab Menggunakan Metode DeLone and McLean. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_RIVALDI_HASSYARI_PUTRA_1306571_4147_2018.pdf [thumbnail of B1_05_RIVALDI_HASSYARI_PUTRA_1306571_4147_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_RIVALDI_HASSYARI_PUTRA_1306571_4147_2018.pdf
Download (965kB)
Abstract
Pemanfaatan teknologi disektor jasa transportasi sangat berkembang di Indonesia. Salah satu perusahaan yang menyediakan layanan transportasi berbasis elektronik ini adalah grab. Model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean (2003) telah banyak diadopsi oleh para peneliti untuk mengevaluasi pengembangan sistem informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas sistem, kualitas layanan dan kualitas informasi terhadap kepuasan driver dan penumpang grab di kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Stratified Random Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survei melalui angket yang diisi oleh responden. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 93 responden. Penelitian ini menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji T. Hasil penelitian dengan menggunakan uji T diketahui bahwa Kualitas Sistem (X ) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna, Kualitas layanan(X 1 ) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna, Kualitas Informasi (X 2 ) memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna. Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai Adjusted R Square sebesar 0,508. Hasil analisis data menunjukkan angka 50,8%. Berarti, secara statistik bahwa ada hubungan yang positif antara Kualitas sistem , Kualitas Layanan dan Kulitas Informasi terhadap Kepuasan Pengguna aplikasi grab (driver dan penumpang ). Jadi apabila Kualitas sistem, Layanan dan Informasi aplikasi Grab meningkat maka akan mempengaruhi kepuasan driver dan pengguna Grab itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas sistem, kualitas layanan, kualitas informasi, Grab |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 08:21 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 08:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13126 |