Halim, Risma (2013) Kontribusi Lingkungan Keluarga dan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Teknik Audio Video pada Mata Pelajaran Teknik Digital Di SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_RISMA_HALIM_06180_5713_2013.pdf [thumbnail of B1_05_RISMA_HALIM_06180_5713_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_RISMA_HALIM_06180_5713_2013.pdf
Download (4MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas X TAV pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 dalam Mata Pelajaran Teknik Digital, dimana 26,19% siswa mendapat nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Kontribusi Lingkungan Keluarga Dan Cara Belajar terhadap Hasil Belajar siswa kelas X TAV pada mata pelajaran Teknik Digital di SMK Negeri 5 Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah 1) terdapat kontribusi lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas X TAV mata pelajaran Teknik Digital di SMK Negeri 5 Padang, 2) terdapat kontribusi cara belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Digital kelas X TAV SMK Negeri 5 Padang, 3) terdapat kontribusi lingkungan keluarga dan cara belajar secara bersama–sama terhadap hasil belajar siswa kelas X TAV pada mata pelajaran Teknik Digital di SMK Negeri 5 Padang. Penelitian ini melibatkan 46 responden siswa kelas X di SMKN 5 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dan berkelompok dan proporsional (Proportionate Stratified Random Sampling). Data hasil belajar diperoleh dari guru mata pelajaran teknik digital, sedangkan data lingkungan keluarga dan cara belajar dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan Skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan metode statistik untuk dianalisis korelasinya. Hasil analisis data menunjukkan : 1) Lingkungan Keluarga memberikan kontribusi sebesar 25,31% terhadap hasil belajar, 2) Cara Belajar memberikan kontribusi sebesar 38,85% terhadap hasil belajar, 3) Lingkungan Keluarga dan Cara Belajar secara bersama–sama memberikan kontribusi sebesar 41,2% terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Teknik Digital kelas X TAV SMK Negeri 5 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Keluarga, Cara Belajar dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 08:20 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 08:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13121 |