Kontribusi Motivasi Belajar dan Interaksi Siswa-Guru Terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan Siswa Kelas X Audio-Video di SMKN 1 Padang

Erni, Risma (2016) Kontribusi Motivasi Belajar dan Interaksi Siswa-Guru Terhadap Hasil Belajar Menerapkan Dasar-Dasar Kelistrikan Siswa Kelas X Audio-Video di SMKN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_RISMA_ERNI_4307_1106770_2016.pdf] Text
B1_05_RISMA_ERNI_4307_1106770_2016.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi di sekolah bahwa masih ada beberapa siswa yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu ≥ 80 dengan rentangan 0 – 100 sebanyak 26 orang (40,00%) dari 65 orang, walaupun rata – rata kelas telah melebihi nilai KKM yang ditetapkan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan besarnya kontribusi motivasi belajar dan interaksi siswa dan guru terhadap hasil belajar Menerapkan Dasar-Dasar Kelistriakn siswa kelas X di SMKN 1 Padang. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 65 siswa dan sampel berjumlah 40 siswa kelas X AV di SMKN 1 Padang tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Data hasil belajar diperoleh dari Guru bidang studi Menerapkan Dasar-Dasar Kelistriakn di SMKN 1 Padang. Sedangkan data Motivasi Belajar dan interaksi siswa dan guru dikumpulkan melalui angket menggunakan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data di analisis menggunakan bantuan komputer program Microsoft Office Ecxel 2007 dan SPSS 16.0. Hasil analisis data penelitian menunjukkan : (1) motivasi belajar belajar dan interaksi siswa dan dan guru secara bersama memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran menerapkan dasar-dasar kelistrikan di SMKN 1 Padang sebesar 46,1%, (2) Motivasi Belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran menerapkan dasar-dasar kelistrikan di SMKN 1 Padang sebesar 42,7% dan (3), Interaksi siswa dan guru memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa kelas X mata pelajaran menerapkan dasar-dasar kelistrikan di SMKN 1 Padang sebesar 30,2%, Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan interaksi siswa dan guru berkontribusi terhadap hasil belajar siswa, semakin tinggi motivasi belajar dan interaksi siswa dan guru maka hasil belajar juga akan semakin baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Motivasi Belajar, Interaksi Siswa dan Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:20
Last Modified: 03 Jun 2025 08:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13119

Actions (login required)

View Item
View Item