Upaya Guru Bimbingan Konseling/Konselor Mengatasi Masalah Keterampilan Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran di SMA N Kota Padang

Putra, Febri Wandha (2016) Upaya Guru Bimbingan Konseling/Konselor Mengatasi Masalah Keterampilan Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran di SMA N Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FEBRI_WANDHA_PUTRA_1100555_1958_2016.pdf] Text
B1_5_FEBRI_WANDHA_PUTRA_1100555_1958_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Idealnya dalam mengikuti proses pembelajaran siswa perlu memiliki keterampilan, karena dengan keterampilan belajar, siswa dapat mengikuti kegiatan belajar dengan efektif. Ternyata ada juga siswa yang mengalami masalah dengan keterampilan belajar dalam mengikuti proses pembelajaran yaitu: (1) masalah dalam mencatat materi pelajaran, (2) masalah dalam bertanya dan menjawab, dan (3) masalah dalam mengemukakan pendapat/merespon. Untuk mengatasi masalah keterampilan belajar siswa diperlukan upaya guru BK untuk mengatasinya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru BK/konselor dalam mengatasi masalah keterampilan belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah guru BK SMA se-kota Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster atau area sampling sehingga dari 16 SMA N yang ada di kota Padang ditetapkan 7 SMA N untuk menjadi sampel dengan jumlah guru BK 39 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan lima alternatif jawaban. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik persentase melalui bantuan microsoft exel. Temuan dari penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) pemahaman guru BK/konselor tentang masalah keterampilan belajar siswa berada pada kategori baik dengan persentase 74,4%, (2) pelaksananaan layanan informasi untuk mengatasi masalah keterampilan belajar siswa berada pada kategori baik dengan persentase 79%, (3) pelaksanaan layanan penguasaan konten untuk mengatasi masalah keterampilan belajar siswa berada pada kategori baik dengan persentase 77,1%, (4) pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi masalah keterampilan belajar siswa berada pada kategori baik dengan persentase 75,9%, dan (5) kerja sama guru BK dengan guru mata pelajaran berada pada kategori baik dengan persentase 71,7%. Jadi upaya guru BK/konselor dalam mengatasi masalah keterampilan belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran tergolong baik dengan persentase 75,4%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru Bimbingan Konseling/Konselor, Keterampilan Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:19
Last Modified: 03 Jun 2025 08:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13101

Actions (login required)

View Item
View Item