Analisis Pemilihan Moda Transportasi Umum (Studi Kasus: Kereta Api dan Bus Antar Kota Trayek Kota Padang-Kota Pariaman

Saputra, Andre Yudi (2015) Analisis Pemilihan Moda Transportasi Umum (Studi Kasus: Kereta Api dan Bus Antar Kota Trayek Kota Padang-Kota Pariaman. Diploma/Proyek Akhir thesis, Fakultas Teknik.

[thumbnail of B1_02_ANDRE_YUDI_SAPUTRA_373_2015.pdf.pdf] Text
B1_02_ANDRE_YUDI_SAPUTRA_373_2015.pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keberagaman moda transportasi pada masa ini mengakibatkan kompetisi dalam
pemilihan moda, sehingga akan ada moda yang sangat banyak digemari dan
digunakan oleh pelaku perjalanan untuk mencapai suatu tempat sedangkan moda
lainnya sedikit atau bahkan tak lagi diminati. Dalam kompetisi yang terjadi, maka
perlu dilakukan peninjauan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan
moda sehingga pihak yang terkait dapat mewujudkan sistem angkutan umum yang
memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati prilaku pelaku perjalanan yang
menggunakan angkutan umum kereta api dan bus trayek Kota Padang ke Kota
Pariaman agar diketahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaku perjalanan dalam
melakukan pemilihan moda, guna memperoleh suatu model pemilihan moda yang
dapat menjelaskan probabilitas pelaku perjalanan dalam memilih moda kereta api dan
bus.
Jenis penelitian yang akan digunakan dalam tugas akhir ini adalah penelitian
kuantitatif yang dihitung dengan menggunakan perhitungan regresi karena bertujuan
melihat hubungan variabel respon pilihan pelaku perjalanan (Y) terhadap perubahan
atribut selisih biaya perjalanan (X1), waktu perjalanan (X2) dan waktu keberangkatan
masing-masing moda (X3). Dari hasil uji statistik yang telah dilakukan, didapatkan
persamaan selisih utilitas antara kereta api dan bus adalah sebagai berikut: (UKA-UBus)
= 0.977 + 0.00.X1 + 0.092.X2 - 0.002.X3.
Model pemilihan moda yang digunakan adalah model logit binomial:
Probabilitas pemilihan moda Kereta Api: PKA =

(�����������)
Probabilitas pemilihan moda bus: PBUS = 1 – PKA =
���������
(�����������)
Sehingga didapatkan hasil bahwa probabilitas pemilihan moda kereta api lebih besar dari
pada pemilihan moda bus. Perubahan yang dilakukan terhadap biaya perjalanan, waktu
perjalanan, dan jarak waktu keberangkatan tidak mempengaruhi, karena masyarakat lebih
memilih kereta api sebagai moda untuk mencapai tujuannya

Item Type: Thesis (Diploma/Proyek Akhir)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil Bangunan Gedung-D3
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 21 Jan 2025 05:17
Last Modified: 21 Jan 2025 05:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item
View Item