Saputra, Afriyola (2012) Pengaruh Strategi Pemecahan Masalah Sistematis Berbantuan Solution Path Outline (SPO) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 2 Batang Kapas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_AFRIYOLA_SAPUTRA_00312_616_2013.pdf [thumbnail of B1_5_AFRIYOLA_SAPUTRA_00312_616_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_AFRIYOLA_SAPUTRA_00312_616_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa dprediksi karena strategi belajar yang diterapkan belum sepenuhnya memberi ruang untuk berkembangnya kemampuan berpikir siswa, sehingga siswa sulit memahami konsep-konsep fisika yang dipelajari serta sulit memecahkan masalah fisika terutama yang membutuhkan analisa. Salah satu strategi yang dapat digunakan oleh guru untuk memecahkan masalah ini adalah menggunakan strategi pemecahan masalah sistematis berbantuan solution path outline (SPO). Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh strategi pemecahan masalah sistematis berbantuan SPO terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 2 Batang Kapas. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 2 Batang Kapas pada tahun ajaran 2012/2013 yang tersebar pada 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, kelas yang terpilih untuk menjadi sampel adalah kelas X i 1 dan kelas X 3 . Teknik pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis untuk ranah kognitif dan observasi untuk ranah afektif. Teknik analisis data penelitian yang digunakan adalah uji kesamaan dua rata-rata yaitu uji t pada taraf nyata 0,05 untuk ranah kognitif dan ranah afektif. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan afektif pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dengan nilai ratarata kelas eksperimen pada ranah kognitif adalah 83,85 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 78,21, sedangkan pada ranah afektif diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79,88 dan kelas kontrol adalah 71,82. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji t, pada ranah kognitif diperoleh t hitung = 2,48 dan pada ranah afektif diperoleh t hitung = 4,28, dengan t tabel = 2,00 pada taraf nyata 0,05, berarti t hitung > t tabel . Dengan demikian hipotesis kerja diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pemecahan masalah sistematis berbantuan solution path outline (SPO) dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 2 Batang Kapas.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemecahan Masalah, Solution Path Outline (SPO), Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 08:18 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 08:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13097 |