Putri, Afrita tri (2015) Persepsi Siswa tentang Manfaat Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa SMP Negeri 20 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_AFRITA_TRI_PUTRI_96084_2882_2016.pdf [thumbnail of B1_5_AFRITA_TRI_PUTRI_96084_2882_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_AFRITA_TRI_PUTRI_96084_2882_2016.pdf
Download (381kB)
Abstract
Bimbingan kelompok merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh Guru BK/Konselor, yang memberikan banyak manfaat bagi siswa.Salah satu manfaatnya yaitu untuk meningkatkan keterampilan komunikasi.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang manfaat bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa di SMP Negeri20 Padang.Keterampilan komunikasi dalam penelitian ini dilihat berdasarkan aspekaspek keterampilan komunikasi yaitu keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif dan kesetaraan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 20 Padang sebanyak 95siswa yang diperoleh dengan teknik ..... Instrumen yang digunakan yaitu angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa manfaat bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa di SMP Negeri20 Padang berada pada rincian (1) persepsi siswa tentang manfaat bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan komunikasi yang dilihat dari aspek keterbukaan sebagian besar berada pada kategori bermanfaat, (2) persepsi siswa tentang manfaat bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan komunikasi yang dilihat dari aspek empati sebagian besar pada kategori bermanfaat, (3) persepsi siswa tentang manfaat bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan komunikasi yang dilihat dari aspek dukungan sebagian besar pada kategori bermanfaat, (4) persepsi siswa tentang manfaat bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan komunikasi yang dilihat dari aspek sikap positif sebagian besar pada kategori bermanfaat, dan (5) persepsi siswa tentang manfaat bimbingan kelompok dalam meningkatkan keterampilan komunikasi yang dilihat dari aspek kesetaraan sebagian besar pada kategori sangat bermanfaat. Berdasarkan temuan penelitian diharapkan kepada Guru BK dan personil sekolah lainnya dapat memberikan dukungan dan menyediakan sarana dan prasarana dalam melaksanakan kegiatan bimbingan kelompok kepada siswa sehingga pelayanan bimbingan konseling yang dilaksanakan benar-benar tepat sasaran sesuai kebutuhan siswa. Diharapkan kepada siswa SMP Negeri20 Padang yang telah memiliki keterampilan komunikasi yang terkategori bermanfaat agar terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas keterampilan komunikasi dengan berani dan percaya diri dalam melakukan hal yang positifagar bermanfaat bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manfaat Bimbingan, Keterampilan Komunikasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 08:18 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 08:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13095 |