Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Diagnosa PC dan Peripheral Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Lintau Buo

Hidayawati, Febri (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Diagnosa PC dan Peripheral Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 1 Lintau Buo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_FEBRI_HIDAYAWATI_1207572_3117_2014.pdf] Text
B1_5_FEBRI_HIDAYAWATI_1207572_3117_2014.pdf

Download (999kB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya rata-rata hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Diagnosa PC dan Peripheral yaitu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan SMKN 1 Lintau Buo yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Diagnosa PC dan Peripheral siswa Teknik Komputer Jaringan di SMKN 1 Lintau Buo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomize Control Group Only Design. Sampel penelitian yaitu kelas X TKJb sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan kelas X TKJa sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dari post-test setiap pertemuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 80,31, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 75,53. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan t hitung > t tabel yaitu5,344> 1,684, karena t hitung besar dari t tabel ,maka hipotesis nihil (H 0 ) ditolak dan hipotesis alternatif (H 1 ) diterima. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitian ini memperlihatkan bahwa, terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang positif antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Diagnosa PC dan Peripheral siswa Teknik Komputer Jaringan di SMKN 1 Lintau Buo. Maka model pembelajaran Team Assisted Individualization lebih baik di bandingkan dengan model pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Team Assisted Individualization, Pembelajaraan Langsung, Randomize Control Group Only Design, Hasil Belajar, Ekperimen, Kontrol
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:18
Last Modified: 03 Jun 2025 08:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13094

Actions (login required)

View Item
View Item