Persepsi Mahasiswa PLBK-S tentang Tugas Guru BK/Konselor dan Hubungannya dengan Motivasi Belajar

Nengsih, Afni Susanti (2014) Persepsi Mahasiswa PLBK-S tentang Tugas Guru BK/Konselor dan Hubungannya dengan Motivasi Belajar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_AFNI_SUSANTI_NENGSIH_15636_3570_2014.pdf] Text
B1_5_AFNI_SUSANTI_NENGSIH_15636_3570_2014.pdf

Download (283kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi karena masih rendahnya motivasi belajar mahasiswa PLBK-S yang dipengaruhi oleh salah satunya persepsi tentang tugas guru BK/Konselor yang kurang baik. Tujuan penelitian adalah (1) mendeskripsikan persepsi mahasiswa PLBK-S tentang tugas guru BK/Konselor, (2) mendeskripsikan motivasi belajar mahasiswa PLBK-S, dan (3) menguji hubungan persepsi mahasiswa PLBK-S tentang tugas guru BK/Konselor dengan motivasi belajarnya. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa yang sedang melaksanakan PLBK-S pada tahun ajaran 2013/2014 dengan sampel 92 orang yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan korelasional. Temuan penelitian adalah (1) persepsi mahasiswa PLBK-S tentang tugas guru BK/Konselor cenderung ke arah positif, (2) motivasi belajar mahasiswa PLBK-S di jurusan BK tergolong sedang, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi tentang tugas guru BK/Konselor dengan motivasi belajar mahasiswa PLBK-S dengan r 0,409. Implikasi dari penelitian adalah dengan meningkatkan persepsi mahasiswa PLBK-S tentang tugas guru BK/Konselor, maka dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa PLBK-S.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tugas Guru, Motivasi Belajar, Mahasiswa PLBK-S
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:17
Last Modified: 03 Jun 2025 08:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13086

Actions (login required)

View Item
View Item