Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan 4C Siswa Pada Materi Fluida Dinamis

Afifah, Afifah (2022) Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan 4C Siswa Pada Materi Fluida Dinamis. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_AFIFAH_17033002_1733_2022.pdf] Text
B1_5_AFIFAH_17033002_1733_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan upaya untuk mendorong siswa memiliki pemahaman konsep dan keterampilan 4C. Fakta yang ditemukan di lapangan bahwa pemahaman konsep dan keterampilan 4C siswa pada materi fluida dinamis masih tergolong rendah. Salah satu solusi yang diberikan adalah dengan mengembangkan multimedia interaktif berbasis konflik kognitif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan 4C siswa pada materi fluida dinamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik multimedia, validitas, pratikalitas dan efektivitas terhadap pemahaman konsep dan keterampilan 4C siswa. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian development research yang menggunakan model Plomp dalam pengembangannya. Penelitian dibatasi sampai tahap Develop or Prototyping Phase pada tahap small group. Data awal diperoleh dari penelitian pendahuluan dan analisis kebutuhan terhadap beberapa jurnal. Pada tahap expert review, multimedia interaktif terlebih dahulu di validasi tenaga ahli oleh dosen Fisika FMIPA UNP. Sumber data kepraktisan one to one dan small group diperoleh dari siswa kelas X SMA N 1 Kuantan Mudik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu lembar uji validitas, lembar uji pratikalitas dan lembar uji efektifitas berupa lembar tes konsep serta lembar pengamatan keterampilan 4C. Teknik analisis data untuk validasi instrumen dan produk menggunakan V Aiken, kepraktisan produk menggunakan teknik persentase, serta efektifitas pemahaman konsep dan keterampilan 4C menggunakan uji t. Berdasarkan penelitian pendahuluan didapatkan bahwa pemahaman konsep dan keterampilan 4C siswa rendah. Pada tahap Develop or prototyping Phase telah didesain multimedia interaktif yang disusun sesuai dengan sintakss model pembelajaran berbasis konflik kognitif. Hasil self evaluation diperoleh dengan kriteria sangat baik. Hasil uji validitas diperoleh rata-rata 0,88 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan one to one dan small group diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,93 dan 0,94 dengan kategori tinggi. Penggunaan multimedia interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan 4C siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis konflik kognitif pada materi fluida dinamis adalah valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan 4C siswa pada materi fluida dinamis

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, konflik kognitif, miskonsepsi, fluida dinamis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 03 Jun 2025 08:16
Last Modified: 03 Jun 2025 08:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13080

Actions (login required)

View Item
View Item