Angraini, Febbi (2014) Pengaruh Media Animasi pada Strategi Pembelajaran Kontekstual terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_FEBBI_ANGRAINI_54920_6043_2014.pdf [thumbnail of B1_5_FEBBI_ANGRAINI_54920_6043_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_FEBBI_ANGRAINI_54920_6043_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Rendahnya Kompetensi Fisika di SMA Negeri 7 Sijunjung terjadi karena siswa kesulitan memahami konsep-konsep fisika yang bersifat abstrak. Media animasi merupakan media yang sangat baik dalam menyampaikan informasi yang bersifat abstrak dalam proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan suatu pendekatan yang membantu dalam penyampaian informasi yang bersifat abstrak menjadi lebih nyata seperti strategi pembelajaran kontekstual. Media animasi pada strategi pembelajaran kontekstual membantu siswa memahami konsep abstrak menjadi lebih nyata. Berdasarkan keterangan di atas telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media animasi pada strategi pembelajaran kontekstual terhadap kompetensi Fisika siswa kelas XI IPA SMAN 7 Sijunjung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Sijunjung yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan telah terdistribusi normal dan homogen, pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling, dari pengambilan sampel diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Pada kedua kelas penelitian sama-sama menggunakan strategi pembelajaran kontekstual, perlakuan yang diberikan yaitu media animasi hanya diberikan pada kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes akhir untuk ranah kognitif, format observasi untuk kompetensi pada ranah afektif, dan rubrik penskoran untuk kompetensi pada ranah psikomotor. Pengaruh yang terjadi dilihat dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dilanjutkan dengan uji regresi sederhana, dan uji korelasi product-moment pada taraf nyata 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis kerja yang berbunyi “terdapat pengaruh yang berarti dari penggunaan media animasi pada strategi pembelajaran kontekstual terhadap kompetensi Fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Sijunjung” secara kuantitatif dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Dengan demikian media animasi pada strategi pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kompetensi Fisika siswa pada ketiga aspek penilaian, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Animasi, Pembelajaran Kontekstual, Kompetensi Fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 07:34 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 07:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13071 |