Marat, Adiyaksa Fahmi (2019) Pengaruh Metode Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R) terhadap Hasil Belajar Siswa TKJ Kelas X pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMKN 3 Padangsidimpuan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ADIYAKSA_FAHMI_MARAT_1202189_2876_2019.pdf [thumbnail of B1_5_ADIYAKSA_FAHMI_MARAT_1202189_2876_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ADIYAKSA_FAHMI_MARAT_1202189_2876_2019.pdf
Download (4MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyaknya siswa kelas X TKJ di SMKN 3 Padangsidimpuan yang mendapat nilai belajar di bawah standar kriteria minimum pada mata pelajaran Sistem Komputer. Penelitian ini membahas tentang pengaruh metode Survey,Question, Read, Recite and Review (SQ3R) terhadap hasil belajar siswa TKJ kelas X pada pelajaran Sistem Komputer di SMKN 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran siswa kelas X pada mata pelajara Sistem Komputer setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode SQ3R dalam pembelajaran. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga yang menjadi grup eksperimen adalah kelas X TKJ 1 dengan menerapkan metode SQ3R dan grup kontrol adalah kelas X TKJ 2 dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL). Dimana pengujian instrument dilakukan di kelas XI TKJ yang telah mempelajari mata pelajaran Sistem Komputer. Berdasarkan hasil penelitian, harga rerata yang diperoleh kelas ekperimen adalah 78.94 sedangkan harga rerata yang diperoleh kelas kontrol adalah 75.97. Hasil perhitungan hipotesis dengan derajat signifikan 0.05 diperoleh t vii hitung (2.285) > t tabel (1.669). Maka disimpulkan dugaan nihil (H 0 ) ditolak, sedangkan dugaan alternatif (H a ) diterima. Dilihat dari persentase perhitungan hasil pembelajaran kelas eksperimen dan kelas kontrol, terdapat pengaruh penggunaan metode SQ3R dengan persentase sebesar 3.91%, yang berarti nilai belajar siswa dengan penerapan metode SQ3R lebih baik pada penelitian ini
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R), Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 07:31 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 07:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13063 |