Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Teknik Audio Video di SMKN 5 Padang

Elmizal, Elmizal (2017) Komparasi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Kelas X Teknik Audio Video di SMKN 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_ELMIZAL_1302405_3096_2017.pdf] Text
B1_05_ELMIZAL_1302405_3096_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya rata-rata hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Teknik Listrik yaitu di bawah Ketuntasan Belajar (KB) yang telah ditetapkan SMKN 5 Padang yaitu 75. Yaitu 48,15 % 1E1, 61,29 1E2
dan 65,62 % 1E3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Listrik kelas X Teknik Audio Video di SMKN 5 Padang. Jenis
penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan pre experimental dengan desain intact group comparison. Sampel penelitian yaitu kelas 1E1 A sebagai kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran Think Pair Share
dan kelas 1E3 B sebagai kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data dari post-test pada kelas
eksperimen I dan kelas eksperimen II, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas,uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian didapat nilai rata-rata siswa
yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yaitu (80,27) yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning yaitu (74,13). Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan t hitung > t yaitu 2, 580 > 2,045,karena thitung besar dari t tabel , maka hipotesis nihil (H tabel) ditolak dan hipotesis alternatif (H a) diterima.0

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 03 Jun 2025 07:30
Last Modified: 03 Jun 2025 07:30
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13058

Actions (login required)

View Item
View Item