Fikri, Adil (2012) Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika SMKN 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ADIL FIKRI_76532_2012_4005.pdf [thumbnail of B1_5_ADIL FIKRI_76532_2012_4005.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ADIL FIKRI_76532_2012_4005.pdf
Download (762kB)
Abstract
Dalam proses pembelajaran sangat dibutuhkan pemahaman konsep dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari. Tetapi kenyataan yang ditemui di SMK Negeri 1 Padang, siswa kurang memahami konsep yang diberikan. Proses pembelajaran yang masih didominasi guru dan kurangnya keterlibatan siswa selama pembelajaran.Diakhir PBM siswa tidak bisa mengaitkan apa yang dipelajari dengan kehidupan nyata siswa. sehingga pembelajaran kurang bermakna. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu diterapkan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menerapkan pendekatan kontekstual Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dikategorikan ke dalam jenis penelitian eksperimental semu (quasi experiment) dengan rancangan posttest control group design.. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Padang pada tahun pelajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah random sampling sehingga yang menjadi kelas sampel adalah kelas X TAV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas X TAV-B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes akhir belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil penilitian terlihat bahwa kelas yang diterapkan pendekatan pembelajaran contextual teaching learning memilki rata-rata 85.34 dan kelas yang lain yang diterapkan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 60.27.Untuk menjawab pertanyaan penelitian dilakukan uji t,hasil pengolahan data menunjukan harga nilai t hitung(16.6) > t tabel (2.33) pada taraf signifikan 0.05.Artinya dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan pembelajaran contextual teaching learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik Elektronika SMKN 1 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 07:26 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 07:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13052 |