Studi Analisis Pembelajaran Keterampilan pada Lembaga Pendidikan Luar Sekolah

Anwar, R..Wirma (2011) Studi Analisis Pembelajaran Keterampilan pada Lembaga Pendidikan Luar Sekolah. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_9_R_WIRMA_ANWAR_46051_3737_2012.pdf] Text
B1_9_R_WIRMA_ANWAR_46051_3737_2012.pdf

Download (138kB)

Abstract

Latihan keterampilan diberikan pada orang dewasa untuk mengatasi permasalahan
peningkatkan kwantitas dan kualitas hasil keterampilan. Program pelatihan
diselenggarakan dalam tiga katagori lembaga, yakni oleh; 1) pemerintah, 2) swasta,
3) usaha rumah tangga..
Tujuan studi ini untuk meneliti hasil implementasi program pelatihan, yang
berlokasi; 1), di Padang Panjang, dengan latihan keterampilan sulam-menyulam dan
pakaian yang diselenggarakan mengunakan anggaran biaya pemerintah; 2), di
Padang, Kursus Anggrek merupakan lembaga swasta memiliki program yang sama
materinya dengan anggaran mandiri; 3), di lokasi yang sama Usaha rumah tangga
memberikan program latihan keterampilan keahlian.pertukangan dan konstruksi
rumah, seluruh program pelatihan dibiayai usaha rumah tangga.
Informan penelitian terdiri dari warga belajar dan instruktur program pelatihan.
Keseluruhan peserta pelatihan 120 orang. Data dikumpulkan menggunakan
penggunaan metoda riset kwalitatif deskriptif melalui pengamatan dan keikutsertaan,
yang pelaksananya dimulai dari Juli 2005 bulan sampai Mei 2006.
Temuan penelitian dapat diuraikan sebagai berikut:
� Pertama. Warga belajar dievaluasi oleh instruktur lembaga, dan diberi
sertifikat. Hubungan warga belajar dengan institusi terputus setelah pelatihan
selesai, sehingga tidak dikehui warga belajar mendapat pekerjaan atau belum
mendapat pekerjaan.
� Kedua. Warga belajar dievaluasi oleh instruktur lembaga dan pemakai, serta
mendapatkan sartifikat pengikut latihan. Warga belajar mengeluarkan biaya
dalam mengikuti pelatihan. Setelah pelatihan hubungan dengan institusi pada
umumnya sangat terbatas.
� Ketiga. warga belajar dilatih untuk suatu keahlian dan dievaluasi oleh;
instruktur, pemakai, dan diri sendiri. Selesai pelatihan tidak mendapatkan
sertifikat, tetapi menerima uang jasa dari instruktur, hubungan dengan
instruktruk tetap terjalin dalam bentuk kerjasama pekerjaan yang sesuai, tanpa
ada rasa keterpaksaan.
Rekomendasikan kepada pemerintah pusat dan daerah untuk dapat
mendukung latihan keterampilan kejuruan keahlian, yang diselenggarakan oleh usaha
rumah tangga, kerena dapat mencarikan alternatif untuk berkurang angka penganggu

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 03 Jun 2025 07:25
Last Modified: 03 Jun 2025 07:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13051

Actions (login required)

View Item
View Item