Keterlibatan Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Dalam Program Training Dasar I Oleh DPD Assalam di Kota Padang

Hidayani, Devva (2015) Keterlibatan Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Dalam Program Training Dasar I Oleh DPD Assalam di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_DEVVA_HIDAYANI_02450_2241_2015.pdf] Text
B1_4_DEVVA_HIDAYANI_02450_2241_2015.pdf

Download (569kB)

Abstract

Ada sebanyak 20 sekolah yang konsisten diundang oleh DPD Assalam Padang dalam
setiap kegiatannya, tapi tenyata belum semua sekolah yang konsisten terlibat dalam program.
Dari 20 sekolah ini hanya 4-8 sekolah yang hadir tiap program. Dalam sebuah kegiatan yang
diangkatkan oleh DPD Assalam Padang yaitu Training Dasar I yang dilaksanakan pada
tanggal 15 Februari 2015 keterlibatan siswa dan sekolah ini masih jauh dari harapan, karena
dari 25 sekolah yang diundang hanya 7 sekolah yang memenuhi undangan dengan total
peserta sebanyak 41 orang. Pertanyaan penelitian ini, mengapa kurangnya keterlibatan siswa
Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam program pembentukkan moral oleh DPD Assalam di
Kota Padang. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurangnya keterlibatan siswa dalam
program pembentukkan moral oleh DPD Assalam di Kota Padang. Penelitian ini
menggunakan teori aksi (Action Theory) yang dikemukakan oleh Talkott Parsons. Kerangka
berpikir teori ini adalah bahwa individu melakukan suatu tindakan berdasarkan pengalaman,
persepsi, pemahaman dan penafsiran pada suatu objek atau situasi tertentu.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus.
Pemilihan informan dilakukan secara Purposive Sampling dengan jumlah informan 32 orang.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam. Untuk
mendapatkan data yang valid dilakukan triangulasi data yaitu mendapatkan informasi yang
sama dari informan yang berbeda. Analisis data dalam penelitian ini, dianalisis dengan
langkah-langkah model analisi interaktif yang dikembangkan B. Miles dan Huberman.
Temuan peneliti menunjukkan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan
kurangnya keterlibatan siswa dalam kegiatan DPD Assalam Padang. Faktor-faktor tersebut
berasal dari siswa, sekolah dan DPD Assalam Padang itu sendiri. Faktor yang berasal dari
siswa yaitu tidak adanya minat untuk mengikuti kegiatan DPD Assalam Padang dan tidak
mempunyai waktu luang karena kesibukan siswa tersebut. Pada dasarnya seseorang akan
memilih hal yang paling penting bagi pribadi mereka hal ini seperti yang disampaikan oleh
Parsons bahwa dalam hubungan yang hanya berorientasi hanya pada dirinya orang mengejar
kepentingan pribadi. Faktor yang yang berasal dari sekolah adalah masih kurangnya
dukungan yang diberikan serta padatnya jadwal PBM dan kegiatan ektrakurikuler yang ada
di sekolah. Faktor terakhir disebabkan oleh DPD Assalam Padang itu sendiri. Dimana faktorfaktor
tersebut adalah kurang dan tidak menyeluruhnya informasi yang didapatkan oleh
siswa, kurangnya sumber daya manusia sehingga kegiatan organisasi tidak terlaksana dengan
baik, dan terakhir tidak adanya ketersediaan dana untuk melaksanakan kegiatan
keorganisasian.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 03 Jun 2025 07:22
Last Modified: 03 Jun 2025 07:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13044

Actions (login required)

View Item
View Item