Fitri, Elhidayah Dwi (2016) Pengaruh Penggunaan LKS Bermuatan Kecerdasan Komprehensif Menggunakan Model PBL Terhadap Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMAN 3 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_ELHIDAYAH_DWI_FITRI_1205668_1673_2016.pdf [thumbnail of B1_05_ELHIDAYAH_DWI_FITRI_1205668_1673_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_ELHIDAYAH_DWI_FITRI_1205668_1673_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Kompetensi Fisika Siswa Kelas X SMAN 3 Padang
Salah satu faktor penyebabkan kurang optimalnya kompetensi Fisika siswa adalah penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang belum mendukung untuk mencapai seluruh kompetensi baik dari aspek pengetahuan, sikap religius, sikap sosial, dan keterampilan. LKS yang mendukung pencapaian keseluruhan kompetensi perlu dibuat. Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS perlu dilakukan. LKS yang dirancang dalam penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan LKS bermuatan kecerdasan komprehensif menggunakan model PBL terhadap kompetensi Fisika siswa kelas X SMAN 3 Padang. Penelitian eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group
Only Design mempunyai populasi penelitian semua siswa kelas X SMAN 3 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan teknik sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar untuk aspek
pengetahuan, lembar observasi untuk aspek sikap religius dan sikap sosial, dan lembar penilaian kinerja untuk aspek keterampilan. Teknik analisis data menggunakan uji Chi Kuadrat pada taraf nyata 0,05 untuk aspek pengetahuan, aspek
sikap religius dan sosial, dan aspek keterampilan.
Hasil tes kompetensi Fisika siswa pada aspek pengetahuan, aspek sikap spiritual, aspek sikap sosial, dan aspek keterampilan pada kelas eksperimen masingmasing
81,91; 84,69; 85,25; dan 84 dan pada kelas kontrol masing-masing 75,31; 82,34; 80,47; dan 80. Data memperlihatkan bahwa kelas eksperimen mempunyai kompetensi yang lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil analisa didapatkan
koefisien kontingensi C untuk aspek pengetahuan, sikap sosial dan keterampilan masing-masing 0,30; 0,24; 0,30. Hasil analisa ini memperlihatkan bahwa penggunaan
LKS bermuatan kecerdasan komprehensif memberikan pengaruh yang berarti terhadap kompetensi Fisika siswa kelas X SMAN 3 Padang pada kompetensi pengetahuan, sikap sosial, dan keterampilan, kecuali pada aspek sikap religius.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 03:35 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 03:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13042 |