Pengaruh Penerapan LKS Berorientasi Pembelajaran Terpadu Tipe Jaring Laba-laba terhadap Kompetensi IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bukittinggi

Setiawan, Eko Muda (2019) Pengaruh Penerapan LKS Berorientasi Pembelajaran Terpadu Tipe Jaring Laba-laba terhadap Kompetensi IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_Eko_Muda_Setiawan_1201421_1089_2019.pdf] Text
B1_05_Eko_Muda_Setiawan_1201421_1089_2019.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kompetensi siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VII SMP Negeri 1 Bukittinggi belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor, seperti: model dan strategi yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran kurang beragam; kegiatan
pembelajaran siswa hanya mendengar dan mencatat apa yang disampaikan oleh guru; guru dalam proses pembelajaran sering menggunakan metode ceramah;serta Lembar Kerja Siswa (LKS) yang tersedia belum menggambarkan keterkaitan
antara fisika, biologi, dan kimia. Oleh karena itu, penelitian dilakukan untuk memberikan solusi dengan menerapkan LKS berorientasi pembelajaran jaring
laba-laba terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bukittinggi. Untuk mencapai tujuan penelitian, dilakukan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bukittinggi tahun ajaran 2017/2018, dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis untuk kompetensi pengetahuan dan
unjuk kerja menggunakan rubrik penskoran untuk kompetensi keterampilan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kesamaan dua rata-rata
untuk kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kompetensi IPA pada kedua kelas sampel 70,56 dan 56,94 untuk kompetensi pengetahuan serta 85,98 dan 82,92 untuk kompetensi keterampilan. Dari uji t’, diperoleh t’hitung>t’tabel sehingga hipotesis kerja diterima untuk kompetensi pengetahuan, sedangkan untuk kompetensi keterampilan dari uji t, diperoleh t hitung >ttabel sehingga hipotesis kerja
diterima. Kesimpulan penelitian yaitu adanya pengaruh yang berarti penerapan LKS berorientasi pembelajaran terpadu tipe jaring l aba-laba terhadap kompetensi IPA siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:34
Last Modified: 03 Jun 2025 03:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13037

Actions (login required)

View Item
View Item