Nuzuar, Nuzuar (2010) Kinerja Kepala Sekolah, Profesionalitas Guru dan Iklim Sekolah sebagai Faktor Determinan Implementasi High Touch dalam Pembelajaran: Studi Pada SMA Negeri Kabupaten Rejang Lebong. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_9_NUZUAR_62551_3734_2012.pdf [thumbnail of B1_9_NUZUAR_62551_3734_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_9_NUZUAR_62551_3734_2012.pdf
Download (174kB)
Abstract
Negeri Kabupaten Rejang Lebong, ditemukan bahwa implementasi high
touch dalam pembelajaran belum mencapai kriteria ketuntasan
minimal. Diduga masalah ini disebabkan oleh berbagai faktor antara
lain, kinerja kepala sekolah, profesionalitas guru dan iklim sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi kinerja kepala
sekolah, profesionalitas guru dan iklim sekolah terhadap implementasi
high touch dalam pembelajaran. Hipotesis yang diuji dalam penelitian
ini adalah: (1) kinerja kepala sekolah berkontribusi terhadap
implementasi high touch dalam pembelajaran, (2) profesionalitas guru
berkontribusi terhadap implementasi high touch dalam pembelajaran,
(3) iklim sekolah berkontribusi terhadap implementasi high touch dalam
pembelajaran, (4) kinerja kepala sekolah, profesionalitas guru dan iklim
sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap implementasi
high touch dalam pembelajaran.
Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMA Negeri Kabupaten
Rejang Lebong berjumlah 253 orang. Sampel dipilih dengan teknik
stratified proportional random sampling, sebanyak 87 orang guru. Data
dikumpulkan melalui angket model skala Likert dengan validitas dan
reliabilitasnya sudah diuji. Analisis data menggunakan teknik korelasi
dan regresi dengan bantuan program SPSS versi 13.
Temuan penelitian ini adalah: (1) kinerja kepala sekolah
berkontribusi secara signifikan terhadap implementasi high touch dalam
pembelajaran pada SMA Negeri Kabupaten Rejang Lebong, (2)
profesionalitas guru berkontribusi secara sangat signifikan terhadap
implementasi high touch dalam pembelajaran pada SMA Negeri
Kabupaten Rejang Lebong, (3) iklim sekolah berkontribusi secara
signifikan terhadap implementasi high touch dalam pembelajaran pada
SMA Negeri Kabupaten Rejang Lebong (4) kinerja kepala sekolah,
profesionalitas guru dan iklim sekolah secara bersama-sama
berkontribusi signifikan terhadap implementasi high touch dalam
pembelajaran pada SMA Negeri Kabupaten Rejang Lebong.
Berdasarkan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
ketiga variabel secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama
merupakan faktor determinan implementasi high touch dalam
pembelajaran. Implikasi penelitian ini adalah perlunya berbagai
kegiatan dan pelatihan bagi guru untuk dapat meningkatkan
implementasi high touch dalam pembelajaran
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Kepala Sekolah Profesionalitas Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 03:33 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 03:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13035 |