Hubungan Keharmonisan Keluaga dengan Agresivitas Siswa di SMK N 1 Lubuk Sikaping

Aprinaldi, Eki (2019) Hubungan Keharmonisan Keluaga dengan Agresivitas Siswa di SMK N 1 Lubuk Sikaping. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_EKI_APRINALDI_15086060_1587_2019.pdf] Text
B1_05_EKI_APRINALDI_15086060_1587_2019.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya pelajar berperilaku agresivitas, seperti berkelahi, memukul, menendang, menyerang, mengejek orang lain, mengganggu teman belajar, melawan perkataan guru, dan melanggar tata tertib sekolah. Agresivitas merupakan perilaku negatif yang diduga
salah satu faktor penyebabnya ialah keharmonisan keluarga yang rendah.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) endeskripsikan keharmonisan keluarga siswa,(2) mendeskripsikan agresivitas siswa, dan (3) menguji hubungan keharmonisan keluarga dengan agresivitas siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif korelasional dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMK N 1 Lubuk Sikaping yang terdaftar pada tahun 2018/2019 yang berjumlah 798. Jumlah
sampel sebanyak 263 siswa dipilih dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Instrumen penelitia yang digunakan adalah anket keharmonisan keluarga dan angket agresivitas siswa. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik Pearson Product Moment dengan bantuan
program SPSS For Windows 20.0 Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) keharmonisan keluarga siswa berada pada kategori cukup harmonis (2) agresivitas siswa berada pada kategori
sedang, dan (3) terdapat hubungan signifikan negatif antara keharmonisan keluarga siswa dengan agresivitas siswa dengan koefisien korelasi -0,536 yang berada pada taraf signifikansi 0,000 dengan tingkat hubungan sangat kuat.
Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada guru BK atau Konselor sekolah untuk dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling, layanan informasi, layanan konseling perorangan, layanan konseling kelompok kepada
siswa, agar dapat membantu dan meminimalisir siswa terjerumus dalam agresivitas. Selanjutnya memberikan layanan informasi dan konseling keluarga untuk membantu meningkatkan kulitas keharmonisan keluarga siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:33
Last Modified: 03 Jun 2025 03:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13032

Actions (login required)

View Item
View Item