Pengembangan Perangkat Asesmen Autentik Pembelajaran Kemampuan Bersastra Aspek Membaca dan Menulis Siswa SMP Kota Padang

Nurizzati, Nurizzati (2017) Pengembangan Perangkat Asesmen Autentik Pembelajaran Kemampuan Bersastra Aspek Membaca dan Menulis Siswa SMP Kota Padang. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_9_NURIZZATI_51791_3237_2017.pdf] Text
B1_9_NURIZZATI_51791_3237_2017.pdf

Download (741kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum berhasilnya penilaian pembelajaran
kemampuan bersastra di sekolah dan belum terstruktur mengukur ranah psikomotor
dan afektif. Karena itu, tujuan penelitian ini adalah medeskripsikan: (1) hasil analisis
fakta empiris penilaian pembelajaran kemampuan bersastra di tingkat SMP/MTs. di
Kota Padang selama ini; (2) desain pengembangan perangkat asesmen autentik
pembelajaran kemampuan bersastra aspek membaca dan menulis dengan sampel KD
membaca indah pusi, KD membaca pemahaman cerpen, dan KD menulis kreatif
naskah drama; (3) proses pengembangan perangkat asesmen autentik pembelajaran
kemampuan bersastra aspek membaca dan menulis untuk mengukur ketercapain KD
sampel, serta melaksanakan uji coba terbatas di SMP Negeri 2 Kota Padang; (4)
penyempurnaan pengembangan perangkat asesmen autentik pembelajaran
kemampuan bersastra aspek membaca dan menulis setelah uji coba terbatas untuk
seterusnya diuji coba luas di SMP Negeri 18 dan SMP Negeri 35 Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengacu
kepada model 4-D. Data penelitian adalah perangkat asesmen dan skor hasil uji coba
di 3 SMP Negeri Kota Padang. Instrumen pengumpulan data kualitatif adalah formatformat
penyusunan asesmen dan panduan wawancara, sedangkan instrumen
pengumpulan data kuantitatif adalah rubrik asesmen autentik dan kuesioner. Analisis
data kualitatif dilakukan dengan teknik validasi, sedangkan data kuantitatif dianalisis
secara matematis dan statistik.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pembelajaran kemampuan bersastra
selama ini belum mengenal penilaian autentik, bahkan belum memiliki perangkat
penilaian yang memadai. Karena itu, pengembangan perangkat penilaian autentik
kemampuan bersastra dikembangkan berpatokan pada KD membaca indah puisi, KD
membaca pemahaman cerpen, dan KD menulis kreatif naskah drama dengan
menggunakan penilaian proses dan penilaian hasil (produk) dalam mengukur ranah
psikomotor, afektif, dan kognitif. Berdasarkan hasil uji coba terbatas dan luas, dua
jenis penilaian autentik terebut memperlihatkan perimbangan penyebaran persentase
nilai di atas rata-rata, skor rata-rata dan di bawah rata-rata di tiga SMP Negeri Kota
Padang. Karena itu, dapat disimpulkan bahwa perangkat penilaian autentik tersebut
memenuhi ciri praktikalitas dan efektivitas yang didukung oleh hasil pengolahan
angket persepsi siswa dan guru dengan klasifikasi nilai ―Baik Sekali‖. Dengan
demikian, model perangkat asesmen autentik kemampuan bersastra ini dapat
direkomendasikan untuk digunakan oleh guru mata pelajaran bahasa dan sastra
Indonesia di tingkat SMP/MTs. dan dapat dijadikan sebagai acuan untuk
pengembangan asesmen autentik KD-KD pembelajaran kemampuan bersastra dan
berbahasa Indonesia lainnya

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Perangkat Asesmen Autentik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:33
Last Modified: 03 Jun 2025 03:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13031

Actions (login required)

View Item
View Item