Model Pembelajaran Kreatif Inovatif pada Mata Pelajaran Keterampilan Tata Busana di Madrasah Aliyah

Nofrawenti, Nofrawenti (2017) Model Pembelajaran Kreatif Inovatif pada Mata Pelajaran Keterampilan Tata Busana di Madrasah Aliyah. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_9_NOFRAWENTI_1309298_4810_2017 (1).pdf] Text
B1_9_NOFRAWENTI_1309298_4810_2017 (1).pdf

Download (516kB)

Abstract

Berdasarkan observasi dan penelitian pendahuluan serta need analisis yang
telah dilakukan pada pembelajaran keterampilan Tata Busana di Madrasah Aliyah,
ditemukan bahwa pembelajaran Keterampilan Tata Busana di Madrasah Aliyah
belum berlangsung optimal. Oleh karena itu, diperlukan sebuah penelitian dan
pengembangan (R & D) untuk menciptakan model pembelajaran baru yang akan
membawa sebuah terobosan baru didunia pendidikan keterampilan terutama di
Madrasah Aliyah
Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menurut
Borg and Gall (1983). Model ini kemudian dimplementasikan dan dievaluasi
mengenai validitas, praktikalitas dan efektivitas. Produk dihasilkan berupa buku
model pembelajaran Keterampilan Tata Busana Madrasah Aliyah, Buku pedoman
pengajaran Keterampilan Tata Busana Madrasah Aliyah untuk guru dan Buku
petunjuk belajar Keterampilan Tata Busana Madrasah Aliyah untuk siswa.
Prosedur pembelajaran pada Model dinilai oleh ahli strategi pembelajaran
pascasarjana UNP, Bahasa dan tulisan buku dinilai oleh ahli bahasa dari FPBS
UNP dan isi materi pembelajaran dinilai oleh dosen senior Tata Busana Fakultas
Pariwisata Perhotelan Universitas Negeri Padang.
Berdasarkan penilaian para ahli, ahli strategi pembelajaran, ahli bahasa
Indonesia dan ahli materi Tata Busana, temuan penelitian ini berupa model
pembelajaran yang baru telah dianggap valid, praktis dan efektif. Akhirnya dapat
disimpulkan bahwa penelitian model pembelajaran Keterampilan Tata Busana
Madrasah Aliyah dapat meningkatkan pembelajaran Keterampilan Tata Busana
Madrasah Aliyah secara efektif. Implikasi dari temuan ini, bahwa model
pembelajaran ini dapat dipergunakan untuk memperkaya prosedur pembelajaran
Keterampilan Tata Busana di Madrasah Aliyah

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Keterampilan Tata Busana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:07
Last Modified: 03 Jun 2025 03:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13027

Actions (login required)

View Item
View Item