Irefridayeni, Irefridayeni (2013) Pelaksanaan Keterampilan Membuat Keranjang Lidi Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Bagi Anak Tunarungu Kelas IV (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Kasih Ibu Pasar Baru Painan). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_IREFRIDA_YENI_56611_611_2013.pdf [thumbnail of B1_2_IREFRIDA_YENI_56611_611_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_2_IREFRIDA_YENI_56611_611_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya tiga orang siswa 
tunarungu kelas IV yang mengalami kesulitan dalam membuat keranjang lidi, pada 
saat mengikuti mata pelajaran keterampilan yang diberikan guru, hal ini disebabkan 
karena guru kelas belum bisa tampil menyampaikan materi pelajaran sesuai dengan 
langkah-langkah pembelajaran membuat keranjang lidi dan selama ini guru hanya 
menggunakan metode demonstrasi dalam memberikan mata pelajaran 
keterampilan, sehingga membuat siswa sering lupa atau menjadi kurang mengerti 
apa yang dijelaskan guru. Dalam kondisi lain pada saat membuat keranjang lidi 
anak mengalami kesulitan pada saat menganyam lidi membentuk keranjang. 
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan membuat keranjang 
lidi melalui pendekatan keterampilan proses bagi anak tunarungu kelas IV. Jenis 
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), 
dilakukan dalam bentuk berkolaborasi dengan teman sejawat. Tindakan ini 
dilakukan kepada tiga orang anak tunarungu kelas IV di SLB Kasih Ibu Pasar Baru 
Painan. 
Hasil penelitian selama siklus I yang dilaksanakan empat kali pertemuan 
dalam proses pembelajaran yang dimulai dari menyiapkan alat, meraut lidi, 
memberi warna, menganyam, dan penilaian hasil kerja anak. Berdasarkan nilai 
rata-rata yang diperoleh siswa diakhir siklus I dapat dilihat bahwa Ro sebelum 
diberi tindakan I mendapatkan nilai 40 % dari semua indikator yang diberikan. Dan 
setelah diberi tindakan I mendapat nilai 60%. Sementara Nd sebelum diberi 
tindakan I mendapat nilai 30% dari semua indikator yang diberikan. Setelah diberi 
tindakan I menjadi 50%. Dan Yp sebelum diberi tindakan I mendapatkan nilai 40 
% dari semua indikator yang diberikan, dan setelah diberi tindakan I mendapat nilai 
50%. Pada siklus II yang dilakukan dalam empat kali proses pembelajaran  
keterampilan membuat keranjang lidi, dimana Ro mendapat nilai 70% pada 
pelaksanaan siklus II, Nd mendapat nilai 60%, dan Yp mendapatkan nilai 70%. 
Dari hasil penyajian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan 
pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan keterampilan membuat 
keranjang lidi bagi anak tunarungu kelas IV di SLB Kasih Ibu Pasar Baru Painan. 
Dengan demikian dapat disarankan kepada sekolah, guru, dan peneliti berikut 
untuk dapat menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam meningkatkan 
pembelajaran keterampilan bagi anak lainnya.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 | 
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos | 
| Date Deposited: | 03 Jun 2025 03:07 | 
| Last Modified: | 03 Jun 2025 03:07 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13026 | 
 
         