Sepriyanti, Nana (2014) Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus Berbasis Kontekstual di Perguruan Tinggi. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_9_NANA_SEPRIYANTI_1104254_6171_2014.pdf [thumbnail of B1_9_NANA_SEPRIYANTI_1104254_6171_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_9_NANA_SEPRIYANTI_1104254_6171_2014.pdf
Download (292kB)
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan pada mata kuliah Kalkulus di
Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Imam Bonjol
Padang ditemukan bahwa proses pembelajaran dan perangkat pembelajaran yang
digunakan dosen belum memfasilitasi mahasiswa untuk mengkonstruksi sendiri
pengetahuannya, proses pembelajaran masih konvensional sehingga efektifitas
pembelajaran kalkulus rendah. Oleh karena itu dirasakan pentingnya melakukan
penelitian pengembangan model pembelajaran kalkulus berbasis kontekstual.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan
model pembelajaran kalkulus berbasis kontekstual di perguruan tinggi yang valid,
praktis dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian disain dengan tiga tahapan penelitian seperti
yang dikemukakan oleh Plomp (2013), yaitu fase penelitian pendahuluan, fase
prototipe dan fase penilaian. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif
dan kuantitatif. Data kualitatif didapatkan dari hasil diskusi,
observasi/pengamatan, serta wawancara. Data kuantitatif didapatkan dari hasil
tes kemampuan koneksi matematis, hasil angket minat belajar dan dari hasil
observasi aktivitas belajar mahasiswa.
Produk Model Pembelajaran Kalkulus Berbasis Kontekstual (MPKBK)
yang telah dikembangkan adalah buku rasional MPKBK, buku Pedoman Kerja
Dosen (PKD) MPKBK dan buku Pedoman Kerja Mahasiswa (PKM) MPKBK.
Ketercapaian hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga produk tersebut telah
memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dan kemampuan
koneksi matematis mahasiswa yang pembelajarannya dengan MPKBK lebih tinggi
dari pada kemampuan koneksi matematis mahasiswa yang pembelajarannya dengan
model konvensional
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 03:07 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 03:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13025 |