Irfan, Irfan (2016) Gambaran Pemahaman Materi Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_IRFAN_1101686_3819_2016.pdf [thumbnail of B1_2_IRFAN_1101686_3819_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_IRFAN_1101686_3819_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pemahaman merupakan kemampuan berfikir yang lebih tinggi dari
hanya sekedar mengetahui. Pemahaman siswa terhadap materi pelajaran
sejarah menjadi sangat penting, khususnya bagi kelas X yang mempelajari
pelajaran sejarah dari dasar. Materi pelajaran sejarah terdiri dari beberapa
materi yaitu materi fakta, konsep dan prinsip. Ketiganya saling berkaitan satu
sama lain dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat
gambaran pemahaman materi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kinali Kabupaten
Pasaman Barat baik dalam pemahaman fakta, konsep, dan prinsip.
Penelitian ini adalah jenis deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMA
Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat tahun pelajaran 2015/2016.
Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kinali
Kabupaten Pasaman Barat yang di ambil secara acak yang berjumlah 39
orang siswa. Pengumpulan data menggunakan tes yang diperkuat dengan
wawancara. Hasil tes yang didapat kemudian diolah dengan rumus
persentase.
Dari hasil penelitian ditemukan gambaran pemahaman materi pelajaran
sejarah kelas X SMA Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat secara
keseluruhan adalah 66.12%. Nilai ini tergolong baik. Walaupun dalam
pemahaman prinsip menjadi pemahaman yang paling rendah dari pemahaman
fakta dan pemahaman konsep. Banyaknya masalah yang dihadapi siswa
dalam pemahaman materi pelajaran sejarah beragam macamnya, baik faktor
internal individu siswa maupun faktor eksternal seperti terbatasnya buku
buku sumber yang tersedia, sarana parasarana yang kurang memadai,
minimnya alokasi waktu dalam penyajian materi, dan teknik mengajar guru
yang kurang bervariasi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, pemahaman
terhadap materi pelajaran sejarah perlu ditingkatkan. SMA Negeri 1 Kinali
seharusnya lebih memperhatikan mata pelajaran sejarah, guru sejarah SMA
Negeri 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat harus lebih kreatif dan inovatif
dalam menyampaikan pembelajaran, siswa hendaknya belajar lebih aktif
sehingga muncul rasa ingin tahu yang tinggi akan materi yang dibahas, serta
perlu adanya kelompok belajar yang membahas tentang materi pelajaran
sejarah, agar pelajaran sejarah yang dianggap oleh siswa kurang penting
menjadi penting dan disenangi oleh siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 03:07 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 03:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13023 |