Faktor-faktor Dominan yang Berpengaruh dalam Perencanaan Arah Karir (Studi pada Siswa SMA Negeri Kota Pariaman

Zen, Mustafa (2012) Faktor-faktor Dominan yang Berpengaruh dalam Perencanaan Arah Karir (Studi pada Siswa SMA Negeri Kota Pariaman. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_9_MUSTAFA_ZEN_91669_2901_2013.pdf] Text
B1_9_MUSTAFA_ZEN_91669_2901_2013.pdf

Download (323kB)

Abstract

Dari studi pendahuluan ditemui masih banyak siswa yang bingung, kemana mereka akan
melanjutkan pendidikan. Disisi lain, laporan Kementerian Tenaga Kerja RI menyatakan bahwa,
pengangguran terbuka untuk kelompok usia perguruan tinggi masih cukup tinggi. Salah satu
penyebab kebingungan siswa adalah mereka belum membuat perencanaan arah karir yang baik,
kemana mereka akan melanjutkan pendidikan atau pekerjaan apa yang akan dijabatnya kelak.
Faktor-faktor seperti status sosial ekonomi, konsep diri, pemahaman informasi karir dan motivasi
berprestasi merupakan hal-hal utama yang berpengaruh untuk membuat perencanaan arah karir
siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji secara empiris faktor-faktor yang berpengaruh
terhadap perencanaan arah karir siswa, baik langsung maupun tidak langsung.
Penelitian ini menggunakan model path analisis dengan persamaan struktural. Populasi adalah
siswa kelas XI SMA Negeri Kota Pariaman sebanyak 1224 siswa sedangkan sampel berjumlah
121 siswa, diambil secara proportional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah
angket status sosial ekonomi, konsep diri, pemahaman informasi karir dan motivasi berprestasi
yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Data dianalisis dengan teknik analisis jalur yang
mencakup pengujian normalitas, pengujian homogenitas, pengujian linearitas dan pengujian
signifikansi persamaan regresi
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung 2,99 % dan tidak
langsung 0,53 % status sosial ekonomi terhadap perencanaan arah karir, (2) Terdapat pengaruh
langsung 3,80 % dan tidak langsung 2,17 % konsep diri terhadap perencanaan arah karir, (3)
Terdapat pengaruh langsung 11,76 % tidak langsung 2,89 % pemahaman informasi karir
terhadap perencanaan arah karir,(4) Terdapat pengaruh langsung 5,48 % motivasi berprestasi
terhadap perencanaan arah karir, (5) Terdapat pengaruh langsung 1,69 % status sosial ekonomi
terhadap motivasi berprestasi, (6) Terdapat pengaruh langsung 22,56 % konsep diri terhadap
motivasi berprestasi dan (7) Terdapat pengaruh langsung 12,96 % pemahaman informasi karir
terhadap motivasi berprestasi.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa Perencanaan Arah Karir siswa di pengaruhi baik
langsung maupun tidak langsung oleh keadaan status sosial ekonomi, konsep diri, pemahaman
informasi karir dan motivasi berprestasi. Implikasinya diperlukan upaya agar orang tua siswa
untuk meningkatkan status sosial ekonomi mereka, guru BK/Konselor harus memberikan
pemahaman komprehensif tentang konsep diri, pemberian informasi karir yang cepat, tepat dan
up to date serta merangsang motivasi berprestasi siswa.

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Arah Karir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:06
Last Modified: 03 Jun 2025 03:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13022

Actions (login required)

View Item
View Item