Fitri, Eka (2018) Pengaruh Penggunaan LKPD Berorientasi Strategi Metakognitif Terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 14 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_EKA_FITRI_14033028_493_2018.pdf [thumbnail of B1_05_EKA_FITRI_14033028_493_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_EKA_FITRI_14033028_493_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Secara umum pencapaian kompetensi Fisika peserta didik pada satuan pendidikan SMA masih rendah. Hasil observasi yang dilakukan pada SMA Negeri 14 Padang, salah satu penyebabnya adalah strategi yang digunakan belum sepenuhnya berpusat pada aktivitas peserta didik, dan LKPD yang digunakan
belum mampu meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan LKPD Berorientasi Strategi Metakognitif Terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas X
SMA Negeri 14 Padang. Penelitian yang dilakukan termasuk dalam jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan rancangan Posttest Only Control
Grup Design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 14 Padang tahun ajaran 2017/2018. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa test untuk
kompetensi pengetahuan, format observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan serta dilengkapi dengan rubrik penilaian. Data yang diperoleh pada kompetensi sikap dianalisis dalam bentuk grafik sedangkan data yang diperoleh
pada kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata, uji regresi linier sederhana, dan analisis
korelasi product moment pada taraf nyata 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol pada kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh perbedaan yang signifikan
pada kedua kelas sampel. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara LKPD berorientasi strategi metakognitif terhadap kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Hasil analisis korelasi product
moment menunjukkan nilai sebesar 55% untuk kompetensi pengetahuan dan 33.54% untuk kompetensi keterampilan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berorientasi strategi metakognitif dapat meningkatkan pencapaian kompetensi peserta didik kelas X SMA Negeri 14 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 03:06 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 03:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13021 |