Muhibbuddin, Muhibbuddin (2016) Pengembangan Model Cooperative Project-Based Learning (CPBL) Mesin Konversi Energi Pada Pendidikan Vokasi Diploma III Teknik Mesin. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_9_MUHIBBUDDIN_1209898_6722_2017.pdf [thumbnail of B1_9_MUHIBBUDDIN_1209898_6722_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_9_MUHIBBUDDIN_1209898_6722_2017.pdf
Download (874kB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan dan analisis kebutuhan (need analysis)
yang dilakukan pada mata kuliah Mesin Konversi Energi (MKE) ditemukan
masalah bahwa pembelajaran belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan sebuah Model Cooperative Project-Based Learning (CPBL)
Mesin Konversi Energi Pada Pendidikan Vokasi yang valid, efektif dan praktis.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and
Development), metode dan prosedur pengembangan yang digunakan merujuk
pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and
Evaluation). Teknik analisis menggunanakan uji Aiken’V, dan validitas
menggunakan uji pakar dan Focus Group Discussion (FGD). Uji kepraktisan
dilakukan penerapan produk ke mahasiswa dalam bentuk angket kepraktisan
produk dan untuk menguji efektifitas produk dengan eksperimen Two-Group
Pretest dan Postest Design. Model CPBL menggunakan 10 langkah; 1) analisis
kompetensi utama dan kompetensi pendukung, 2) pemahaman konsep materi
Mesin Konversi Energi, 3) demontrasi proses dan prinsip kerja berbagai jenis
Mesin Konversi Energi, 4) pemberian tugas kerja proyek, 5) mengidentifikasi
masalah nyata dan membuat pertanyaan penting, 6) rancangan kerja proyek, 7)
pelaksanaan kerja proyek, 8) pemantauan, 9) penyelesaian kerja proyek dan
umpan balik, 10) evaluasi pengalaman belajar dan hasil kerja proyek.
Temuan penelitian adalah sebuah Model Cooperative Project-Based
Learning (CPBL) Mesin Konversi Energi Pada Pendidikan Vokasi, yang
dilengkapi dengan buku model, buku modul, dan buku panduan. Model dan
sistem pendukung memenuhi kriteria validitas, disusun berbasis model penelitian
dan pengembangan (Research-Based Model) dan layak digunakan menurut para
pakar. Model yang dihasilkan memenuhi kriteria praktikalitas dengan nilai
reliabilitas rata-rata 86,67 menurut dosen dan 86,00 menurut mahasiswa. Hasil uji
efektifitas menunjukkan bahwa aktifitas dan hasil belajar mahasiswa lebih unggul
menggunakan Model CPBL dibandingkan dengan Model PBL. Kemampuan
memecahkan masalah dan mengambil keputusan berkembang dengan baik.
Implikasi penelitian ini bahwa Model Cooperative Project-Based Learning
(CPBL) yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar mata kuliah
Mesin Konversi Energi.
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Project-Based Learning Mesin Konversi Energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 03:06 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 03:06 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13019 |