Hubungan Persepsi Siswa terhadap Sikap Sosial Guru dengan Motivasi Belajar Siswa SMA N 1 Batang Anai Pada Mata Pelajaran Sosiologi

Monica, Devi (2015) Hubungan Persepsi Siswa terhadap Sikap Sosial Guru dengan Motivasi Belajar Siswa SMA N 1 Batang Anai Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_DEVI_MONICA_55309_2873_2015.pdf] Text
B1_4_DEVI_MONICA_55309_2873_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa SMA N 1 Batang Anai memiliki persepsi yang berbeda terhadap sikap sosial guru. adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa memiliki motivasi yang rendah jika persepsi nya terhadap sikap sosial guru yang bersangkutan negatif. Rendahnya motivasi ditunjukkan dengan sikap siswa yang tidak serius dalam belajar, seperti tidak mempehatikan guru, sering keluar masuk, dan mengerjakan tugas lain saat proses pembelajaran sedang berlangsung. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan persepsi siswa terhadap sikap sosial gur dengan motivasi belajar siswa SMA N 1 Batang Anai pada mata pelajaran sosiologi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian adalah Eks Post Facto yaitu penelitian yang bertujuan untuk meneliti peristiwa yang teah terjadi, dan mencari hubungan atas faktor-faktor yang diduga menjadi penyebab kejadian terebut, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Batang Anai Jurusan Ilmu Sosial pada tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 420 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 81 orang yang diperoleh dari jumlah keseluruhan siswa SMA N 1 Batang Anai Jurusan Ilmu Sosial Kabupaten Padang Pariaman yang di cari dengan menggunakan penarikan sampel secara propotional random sampling, uji coba angket dilakukan tanggal 28 febuari 2015 sampai 30 maret 2015 pada populasi yang berada di luar sampel penelitian. Sementara penyebaran angket penelitian dilakukan tanggal 3 maret 2015 sampai dengan 10 maret 2015. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dengan uji asumsi: uji validitas, uji normalitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis dengan pengujian korelasi product moment. Selain itu data juga disajikan dengan distribusi frekuensi, dan konversi skala lima (stanfive)
Dari analisis data hasil penelitian diperoleh uji hipotesis yaitu r hitung 0.318 lebih besar dari rtabel 0.220. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap sikap sosial guru dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi dengan determinasi r2 0.10112 yang diartikan hanya 10.112% siswa motivasinya dipengaruhi oleh persepsinya terhadap sikap sosial guru sisanya sebanyak 89.88% siswa motivasinya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian dari indikator sikap sosial guru yang paling mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah sikap solidaritas guru dengan koefisien determinan sebesar 9.0601%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:21
Last Modified: 03 Jun 2025 02:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13008

Actions (login required)

View Item
View Item