Pengembangan Handout Berbasis Model Guided Discovery Learning Berbantuan Peta Konsep Pada Materi Fluida Dinamis, Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA/MA

Ali, Elsa Putri (2021) Pengembangan Handout Berbasis Model Guided Discovery Learning Berbantuan Peta Konsep Pada Materi Fluida Dinamis, Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_EISA_PUTRI_ALI_16033091_1147_2020.pdf] Text
B1_05_EISA_PUTRI_ALI_16033091_1147_2020.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan pendidikan seharusnya mewujudkan suasana belajar pada proses pembelajaran agar siswa dapat secara aktif mengembangkan potensi
dirinya. Untuk menunjang siswa dalam mengembangkan potensi tersebut dibutuhkan salah satunya sumber belajar yang memuat model pembelajaran yang tepat dan mendukung kebutuhan belajar siswa sesuai dengan tuntutan kurikulum
2013 revisi 2017. Namun kenyataan yang ditemukan disekolah yaitu masih kurangnya bahan ajar yang dapat mengasah kemampuan berpikir siswa serta bahan ajar yang memuat tambahan informasi belajar bagi siswa. Adapun
solusinya dengan mengembangkan bahan ajar yang menarik dan mudah digunakan siswa yakni berupa handout. Adapun tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa handout berbasis guided discovery learning berbantuan peta konsep yang valid. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Research and Development (R&D).Melalui langkah - langkah penelitian R&D yang dimulai dari potensi masalah dan dibatasi hingga revisi produk. Adapun objek dari penelitian ini adalah Handout Berbasis Guided Discovery Learning Berbantuan Peta Konsep untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA/MA. Pada handout dimuat materi yang sesuai dengan kompetensi dasar yaitu KD 3.4 dan KD 3.5 tentang fluida dinamis, suhu dan kalor. Sumber data dari penelitian ini adalah tenaga ahli yang meliputi dosen Fisika FMIPA UNP sebagai validator bahan ajar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar angket pada uji validitas handout. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu analisis deskriptif dengan menggunakan skala likert.
Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan dapat dikemukakan hasil penelitian. Hasil penelitian berupa validitas handout berbasis Guided Discovery Learning bantuan peta konsep pada materi fluida dinamis, suhu dan kalor untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA/MA. Adapun hasil analisis data berada pada kategori sangat valid yaitu dengan rata-rata nilai validitas 93,7. Pada proses analisis data didapatkan nilai validitas melalui empat indikator diantaranya yaitu indikator kelayakan isi,penyajian, kebahasaan, dan kegrafisan. Melalui hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa handout dapat digunakan pada proses pembelajaran untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa dan dapat digunakan sebagai tambahan tambahan informasi belajar bagi siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:20
Last Modified: 03 Jun 2025 02:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/13002

Actions (login required)

View Item
View Item