Kurniawan, Andi (2016) Kontribusi Fasilitas Pendukung Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Matapelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak Kelas XI Jurusan Gambar Bangunan SMKN 1 Tanjung Raya Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, UNP.
B1_01_Andi_Kurniawan_3200_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar fasilitas
pendukung yang dimiliki siswa berkontribusi terhadap hasil belajar siswa dalam
matapelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak siswa kelas XI Jurusan
Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Tanjung Raya, khususnya pada aspek
keterampilan.
Terdapat dua variabel penelitian, yaitu fasilitas pendukung yang dimiliki
siswa sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar matapelajaran MDPL siswa
kelas XI Jurusan Gambar Bangunan SMKN 1 Tanjun graya sebagai variabel
terikat (Y). Data variabel terikat diperoleh melalui nilai hasil belajar siswa kelas
XI Jurusan Gambar Bangunan dan data variabel bebas dihimpun melalui
penyebaran instrumen penelitian berbentuk angket yang memuat 31 butir
pernyataan yang disusun menggunakan pola skala Likert.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan fasilitas pendukung
yang dimiliki siswa berkontribusi sebesar 31,55% terhadap hasil belajar MDPL
pada aspek keterampilan siswa kelas XI jurusan Gambar Bangunan SMK Negeri
1 Tanjung Raya dan 68,45% sisa lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 05:16 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 05:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/130 |