Harpin, Efal (2018) Komparasi Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik Dan Elektronika Siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Kec. Guguak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_EFAL_HARPIN_14065039_3997_2018.pdf [thumbnail of B1_05_EFAL_HARPIN_14065039_3997_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_EFAL_HARPIN_14065039_3997_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran Kooperatif tipe Group
Investigation (GI) siswa Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Kec. Guguak. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi-Eksperimental dengan rancangan Posttest-Only Control Design. Sampel penelitian yaitu kelas X TAV 1 sebagai kelas eksperimen I menggunakan model pembelajaran Discovery
Learning dan kelas X TAV 2 sebagai kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). Teknik pengumpulan data dari post-test yang diadakan tiap pertemuan yaitu sebanyak 4 kali pada kedua kelas sampel, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen I didapatkan nilai rata-rata 81,24, sedangkan kelas eksperimen II mendapatkan nilai rata-rata 77,25. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan dengan uji dua
belah pihak, dimana t > t(�2; �1 + �2 − 2) atau t > -t(
�2; �1 + �2 − 2)dimana,2,56 > 2,039 atau 2,56 > -2,039, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, perbedaan hasil belajar dasar listrik dan elektronika dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation
(GI) signifikan sebesar 5,16% terhadap kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Kec. Guguak. Maka model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 02:18 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 02:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12984 |